web analytics
Evakuasi Longsor Jalur KA di Garut Baru Rampung Malam Ini
Oleh Faqih Rohman, pada Nov 23, 2017 | 10:20 WIB
Evakuasi Longsor Jalur KA di Garut Baru Rampung Malam Ini
Petugas membersihkan timbunan longsor di Cipendeuy Garut yang menutup jalur selatan (Humas PT KAI Daops 2)

BANDUNG, AYOBANDUNGCOM- Longsor di jalur selatan kereta api dipekirakan baru bisa ditangani malam nanti mengingat banyaknya titik kejadian dan beratnya pekerjaan.

Manager Humas PT KAI Daops 2 Joni Martinus mengatakan saat ini manajemen dan tim sudah mengerahkan seluruh kemampuan untuk mengatasi timbunan longsor yang menutup jalur kereta api itu.

Semula PT KAI mempekirakan penanganan bisa sampai sore pukul 18.00, namun menginghat kondisi dan titik longsor pengerjaan diperkirakan baru kelar malam. Longsor hingga pagi tadi ditemukan delapan titik, beberapa titik sudah ditangani, sisanya masih dalam pengerjaan menggunakan alat berat.

“Dengan melihat kondisi saat ini di lapangan waktu pengerjaan diprediksi sampai dengan nanti malam,” ujarnya Kamis (23/11).

Hingga kini PT KAI masih melakukan rekayasa pengalihan rute KA yang berangkat dari Bandung ke arah timur maupun sebaliknya. Kereta dialihkan melalui jalur utara ke Purwakarta dan Cirebon.

Sementara itu, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro mengungkapkan bila rentang waktu akibat longsoran yang terjadi di Garut lebih dari 24 jam, maka sebanyak 32 kereta api akan memadati jalur utara via Cirebon.

"Dalam keadaan normal lalu lintas kereta api jalur utara via Cirebon mencapai 172 kereta api, tetapi dengan adanya kejadian ini bisa mencapai 204 perjalanan kereta api, karena ada tambahan dari jalur selatan," ujarnya, Kamis (23/11/2017).

Ia menuturkan kereta api dari jalur selatan menuju Bandung dengan tujuan Jakarta dialihkan melalui Cirebon, adapun kereta api tersebut diantaranya Lodaya, Turangga, Kahuripan, Mutiara Selatan, Malabar, Serayu dan Kutojaya Selatan.

"Dengan adanya perubahan rute tersebut waktu tempuh bertambah sekitar dua setengah jam dari waktu normal," kata Kris.

Kris menyebutkan perjalanan kereta api dari tadi malam yang melalui Cirebon bertambah, seluruh kepala stasiun siaga dan terus mengawasi langsung kondisi perjalanan kereta api. Disamping itu kereta api yang dari selatan ke utara di stasiun Cirebon dilakukan penambahan air dan bahan bakar. 

"Hingga saat ini perjalanan di jalur utara sendiri masih aman lancar terkendali," ungkapnya.

Ia menambahkan data sementara taksiran longsoran di delapan titik di Cipeundeuy -  Bumiwaluya hingga pukul 23.18 WIB pada rabu (22/11/2017) km  230 + 4/5, km  230 + 9/0, km 231 + 0/1, km 231 + 8/9, km 232+7/9, km 233 + 0/2, km 233 + 7/8, km 234+1/2. 

"Dengan panjang  bervariasi 10 meter sampai dengan 100 meter dan tinggi  satu meter sampai dengan tujuh meter," pungkas Kris. 

Editor : A. Dadan Muhanda
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600