web analytics
Olahraga Ini Ampuh Tingkatkan Kesehatan Otak
Oleh Asri Wuni Wulandari, pada 20 Nov , 2017 | 15:20 WIB
Olahraga Ini Ampuh Tingkatkan Kesehatan Otak
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

AYOBANDUNG.COM – Olahraga sama baiknya untuk otak, sebagaimana itu bermanfaat untuk tubuh. Salah satu jenis kegiatan fisik yang terbaik bagi otak adalah aerobik.

“Mayoritas studi tentang olahraga fokus pada bagian tubuh dari leher hingga ke bawah, seperti jantung dan paru-paru,” ujar Asisten Profesor di University of Wincounsin School of Medicine and Public Health, Ozioma Okonkwo. “Tapi sekarang, kami menemukan bagaimana aktivitas fisik (olahraga) punya manfaat juga untuk otak.”

Olahraga bisa jadi adalah cara sederhana bagi seseorang untuk mengurangi risiko Alzheimer. Dalam sebuah penelitian di bulan Juni lalu, yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer’s Disease, Okonkwo mengikuti 93 orang dewasa penderita Alzheimer.

Orang-orang dalam penelitian itu setidaknya menghabiskan 68 menit dalam sehari untuk melakukan aktivitas fisik sedang. Mereka dinilai memiliki metabolism glukosa yang lebih baik – yang menandakan otak yang sehat – dibandingkan dengan orang lain.

Manfaat olahraga untuk otak melampaui pencegahan penyakit. Okonkwo juga menunjukkan bahwa orang yang berolahraga memiliki volume otak yang lebih besar di bagian otak yang terkait dengan penalaran dan fungsi eksekutif. “Kami telah melakukan serangkaian penelitian yang menunjukkan bahwa peningkatan kapasitas aerobik ikut meningkatkan struktur otak, fungsi, dan kognisi,” ujarnya.

Olahraga kemungkinan akan meningkatkan kesehatan otak melalui berbagai cara. Olahraga membuat jantung berdetak lebih cepat dan meningkatkan aliran darah ke otak. Darah ini mengantarkan oksigen ke otak, karena otak merupakan konsumen oksigen terbesar di dalam tubuh.

Selain itu, olahraga juga membantu memperbaiki dan melindungi sel otak dari degenerasi serta membantu menumbuhkan sel otak baru.

Olahraga aerobik, seperti berlari dan berenang, dinilai paling baik untuk kesehatan otak. Pasalnya, kedua jenis olahraga itu meningkatkan detak jantung seseorang, yang artinya, memompa lebih banyak darah ke otak. 

Source: TIME

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox Socmed Ayo Bandung 160x600