web analytics
Panglima TNI: Pembebasan Sandera di Papua Berkat Kerja Sama dengan Polri
Oleh Ananda Muhammad Firdaus, pada Nov 18, 2017 | 18:24 WIB
Panglima TNI: Pembebasan Sandera di Papua Berkat Kerja Sama dengan Polri
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmatyo (tengah) usai memberi orasi ilmiah di Kampus Universitas Islam Bandung, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Sabtu(18/11/2017).(Ananda)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmatyo mengatakan penangkapan kelompok kriminal bersenjata di Tembagapura Papua merupakan operasi kolaboratif antara TNI bersama Polri.

Saat itu, operasi penangkapan disertai dengan upaya pembebasan sejumlah warga yang disandera.

Menurut Gatot, selama kejahatan tersebut terjadi di tanah Indonesia maka TNI dan Polri akan selalu siaga menumpasnya.

“Tidak ada sejengkal tanah pun di Indonesia orang tidak merasa aman. Pasti TNI dan Polri, serta pemerintah hadir sesuai fungsinya masing-masing,” ujar Gatot usai memberi orasi ilmiah di Aula Kampus Universitas Islam Bandung, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Sabtu (18/11/2017) siang.

Gatot menjelaskan dalam‎ operasi penangkapan, kepolisian bertugas mengamankan daerah pemukiman warga. Sementara pihaknya bergerilya menempuh medan perjalanan sampai empat hari lamanya menuju tempat kelompok kriminal.

Pasukan gabungan yang terdiri dari Kopassus, Batalion 751 Rider, dan Kostrad melakukan serangan masing-masing markas kelompok kriminal. Lalu, katanya, upaya penyelamatan dan penangkapan pun berjalan sesuai rencana.

‎“Setelah dikuasai baru saya perintahkan Pangdam dengan Pak Kapolda datang ke sana untuk melakukan evakuasi. Sebelum evakuasi saya perintahkan kiri kanan jalan harus aman. Semua ini saya yakin berkat mukjizat dari Allah SWT,” tambah Gatot.

Ia pun menerangkan, dalam pengungkapan sandera, ternyata tidak semuanya merupakan warga Papua, namun beberapa warga wilayah lain, seperti orang Makassar. 

Editor : Adi Ginanjar Maulana
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600