web analytics
Pemain yang Layak Dipertahankan dan Dilepas Versi Sejumlah Bobotoh
Oleh Anggun Nindita Kenanga Putri, pada Nov 15, 2017 | 13:39 WIB
Pemain yang Layak Dipertahankan dan Dilepas Versi Sejumlah Bobotoh
Pemain Persib sedang menjalani latihan. (Danny/AyoBandung).

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Liga 1 telah berakhir dan Persib harus menerima nasib bercokol di posisi ke-13 dalam klasemen terakhir. Persib mengemas 41 poin dari 34 pertandingan.

Setelah liga berakhir, kabar tentang pelatih dan pemain anyar Persib Bandung sudah mulai menyeruak.  Menghadapi musim baru di 2018, beberapa nama pelatih dan pemain disebut-sebut akan bergabung dengan tim Maung Bandung.

Bobotoh sebagai suporter setia Persib pun turut memberikan pendapat tentang siapa-siapa saja pemain musim ini yang layak untuk dipertahankan oleh tim kebanggaan Jawa Barat ini. Seperti yang diungkapkan oleh Ismail Sofyan, seorang bobotoh asal Ciwastra.

Menurutnya ada beberapa pemain inti Persib yang harus dipertahankan, mulai dari kiper Deden Natshir, pemain tengah Persib Kim Kurniawan, dan bek Ahmad Jufriyanto.

“Deden awalnya cuma kiper pelapis tapi di liga ini dia berhasil membuktikan kemampuannya. Deden masih layak untuk dipertahankan,” katanya saat ditemui Selasa (14/11/2017).

Untuk Kim Kurniawan, Ismali sendiri sangat apresiasi terhadap kerja keras juga cara Kim yang menurutnya bermain pakai hati saat bersama Persib. Sebelum merumput bersama Persib, Kim pernah memperkuat tim Pelita Bandung Raya (PBR). Saat itu menurutnya skill Kim masih biasa saja. Tapi di Persib Kim terlihat semakin berkembang potensinya.

“Waktu di PBR dia (Kim) biasa saja. Di Persib karirnya melesat, karena terlihat Kim orangnya mudah bekerjasama dan bisa bermain dengan hati saat di lapangan,” ujarnya.

Alasan lain mengapa Kim layak dipertahankan adalah sikap Kim yang ramah dan terbuka pada bobotoh. Tak heran kini Kim menjadi salah satu pemain yang sangat disayangi oleh bobotoh.

“Belum ada lagi pemain Persib yang menyatu dengan bobotoh seperti Kim. Karir dia masih panjang di sini,” ucapnya.

Ahmad Jufriyanto juga bukan sosok yang baru di Persib. Bek kebanggaan Persib ini juga turut sumbang gol saat adu pinalti ketika Persib menang di final ISL 2014 melawan Persipura. Ismail melihat sosok Jupe memang cocok mengemban tugas seorang kapten. Selain Jupe bisa menjalankan dengan baik tugasnya sebagai bek dalam menjaga pertahanan, Jupe juga jadi sosok yang akan langsung turun tangan ketika tim nya ada masalah di lapangan.

Pemain belakang lain yang masih layak ada di Persib, adalah bek Vladimir Vujovic. Pemain asal Montenegero ini memang usianya sudah tak lagi muda. Tapi Vlado adalah tandem terbaik duet untuk Jupe di sisi belakang. Sama halnya dengan Jupe, Vlado juga tidak segan-segan membela saat rekannya dilanggar ketika di lapangan.

Beberapa pemain muda Persib juga masih bisa diasah lagi potensinya untuk bisa merumput bersama Maung Bandung. Menurut seorang bobotoh lainnya, Fardhan Ikmal, empat pemain muda Persib, yakni Febri Hariyadi, Gian Zola, Henhen Herdiana, dan Billy Keraf bisa ditempa lagi oleh Persib hingga jadi generasi penerus Maung Bandung yang bisa banggakan tim.

“Febri sudah bagus, tinggal dipertajam lagi insting di lapangannya. Zola juga punya bakat asalkan diberikan jam terbang yang tinggi. Billy masih sangat muda, kadang terlihat mood swing, tapi dia punya potensi dan fisiknya bagus terlihat dari larinya yang kencang,” ucapnya.

Yang menurutnya akan menjadi pusat perhatian adalah Henhen Herdiana. Awalnya performa Henhen masih belum terlalu diperhatikan, tidak seperti Febri dan Zola yang dari awal sudah menonjol. Kini Henhen menjelma jadi salah satu bek kanan yang sangat diperhitungkan di Persib.

Para pemain senior juga masih ada beberapa yang layak untuk dipertahankan. Seperti kiper I Made Wirawan, Hariono, Tony Sucipto, dan Dedi Kusnandar. Bagi Ikmal, para pemain senior tersebut masih dalam performa yang baik meski usianya tidak lagi muda. Bahkan sosok Hariono bisa menjadi legenda untuk tim Maung Bandung.

“Salut untuk Mas Har, yang walau usianya sudah enggak muda lagi tapi masih bisa main kekeuh waktu bermain di lapangan. Calon legenda Persib,” sebutnya.

Tapi ada juga sosok pemain Persib yang dinilai para bobotoh ini sudah harus memasuki masa pensiun. Di lini depan, sosok Tantan dan Sergio Van Dijk mereka nilai sudah lagi tidak setajam di masa jayanya. Seperti yang diketahui, baik Tantan maupun Sergio banyak absen di lapangan lantaran cidera yang mereka alami.

Jajang Sukmara dan Purwaka Yudhi juga namanya tidak terlalu melejit pada kompetisi ini dan banyak disimpan di kursi cadangan. Kedua sosok ini sepertinya sudah tidak lagi bisa masuk ke dalam skuat terbaik Maung Bandung di musim berikutnya.

Adapun Raphael Maitimo, yang meski menjadi top skor Persib di Liga 1 ini malah tidak difavoritkan untuk tetap bertahan di Persib dari kacamata bobotoh. Lantaran sikapnya yang dinilai sombong dan arogan, Maitimo bukanlah sosok pemain yang menjadi panutan bagi para suporternya.

“Maitimo bagus mainnya tapi attitude-nya tidak baik. Buat apa dipertahankan?” tuturnya.

Untuk jajaran pemain-pemain asing, yakni Michael Essien, Shohei Matsunaga, dan Ezechiel N’Douassel, bobotoh menilai jika para pemain asing ini masih bisa berkontribusi untuk Persib. Walaupun pada musim ini performa mereka dinamikanya cenderung naik turun dan tidak stabil.

“Essien awalnya tidak menjanjikan, apalagi dia sudah berumur, tapi kita lihat dia mulai bermain dengan hati jadi bisa mulai masuk ke alur permainan Persib. Matsunaga sudah kali kedua bermain di Persib, skill-nya biasa saja, tapi dia banyak sumbang assist jadi boleh lah dipertahankan. Untuk Ezechiel asal dia bisa kontrol emosi saat di lapangan, performanya pasti bisa meningkat,” tutup Ikmal.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600