web analytics
Hiu Zaman Purba Tiba-tiba Ditemukan Hidup
Oleh Asri Wuni Wulandari, pada Nov 15, 2017 | 10:31 WIB
Hiu Zaman Purba Tiba-tiba Ditemukan Hidup
Ilustrasi -- Hiu purba. (YouTube)

AYOBANDUNG.COM – Banyak orang terkaget-kaget ketika tahu seekor hiu langka ditemukan di pantai selatan Portugal. Hiu itu merupakan spesies yang dianggap sebagai “fosil hidup”. Ialah si hiu purba, yang berasal dari 80 juta tahun yang lalu.

Hiu sepanjang 1,5 meter ini memiliki kepala seperti ular dan tubuh yang mirip dengan belut. Ia memiliki susunan gigi berotot sebanyak 300 buah.

Melansir Huffington Post, Profesor Margarida Castro dari Algavre University mengatakan jika melalui gigi di mulutnya, si hiu mampu menjebak cumi-cumi, ikan lain, bahkan sesama hiu saat bertabrakan.

Hiu ini ditemukan di lepas pantai Algarve, sekitar 701 meter di bawah permukaan laut oleh kelompok peneliti yang mengerjakan proyek Uni Eropa untuk mengurangi tangkapan ikan komersil.

Berdasarkan rilis Institut Laut dan Atmosfer Portugis, habitat hiu rapuh itu mencakup area yang begitu luas. Terlihat dari pantai Norwegia, Skotlandia, dan Kepulauan Canary. Ia juga terlihat di Samudra Hindia dan juga perairan di lepas pantai Jepang, Australia, dan Selandia Baru.

Samuel Garman, ilmuwan pertama yang mempelajari hiu, meyakini jika hiu sejenis itu mengilhami legenda ular laut.

Source: Huffington Post

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600