web analytics
Gaya Hidup Ini Mencegah Risiko Diabetes
Oleh Adi Ginanjar Maulana, pada Nov 14, 2017 | 14:54 WIB
Gaya Hidup Ini Mencegah Risiko Diabetes
Ilustrasi: Makanan sehat untuk mencegah diabetes.(Boldsky)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Diabetes merupakan penyakit yang paling banyak dibicarakan di duniakita saat ini. Kematian yang berkaitan dengan diabetes meningkat tajam.

Diabetes disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh mengolah insulin dengan benar, yang mengubah gula dalam makanan menjadi energi. Hal ini disebabkan oleh rendahnya produksi hormon dalam tubuh atau tubuh yang mengembangkan sensitivitas insulin.

Diabetes paling sering merupakan penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup yang disebabkan oleh kebiasaan makan dan obesitas tidak sehat.

Karena itu, penting untuk mengelola penyakit sebelum hal itu menyebabkan lebih banyak kerusakan pada tubuh.

Penderita diabetes harus terus memantau kadar gula darahnya. Sebagian besar penderita diabetes harus menjalani suntikan insulin.

Berikut beberapa petunjuk yang akan membantu Anda menjalani gaya hidup sehat dan mengelola diabetes dengan mudah seperti dikutip Boldsky, Selasa (14/11/2017):

Hindari Makanan Olahan

Makanan olahan hampir tidak memiliki jumlah vitamin, mineral, dan serat. Selain itu, makanan olahan mudah dicerna oleh tubuh, yang tiba-tiba menaikkan kadar gula darah pada tingkat yang mengkhawatirkan. Semakin sedikit makanan olahannya, semakin sehat makanannya.

Lakukan Jalan untuk Berolahraga Setiap Hari

Olahraga membantu menjaga kadar gula dalam tubuh. Ini membantu memanfaatkan glukosa dalam tubuh, di mana tubuh tidak dapat berubah menjadi energi. Selain itu, membantu menjaga berat badan sehat, yang akan membantu mengelola penyakit dengan lebih baik. Olahraga teratur juga meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh dan membantu mencegah penyakit jantung.

Hindari Stres

Stres membuat Anda makan lebih banyak makanan tidak sehat. Glukosa dalam tubuh meningkat saat berada dalam tekanan. Stres yang berkepanjangan mungkin berdampak serius pada jantung dan merusak organ dalam lainnya. Orang yang stres mungkin lupa makan tepat waktu atau mengonsumsi obat-obatan, yang pada gilirannya akan menyulitkan pengelolaan diabetes.

Diet Sehat

Olahraga teratur dan diet sehat merupakan cara terbaik untuk mengelola diabetes. Bila Anda makan sehat, berat badan terkendali dan kadar gula darah tetap stabil. Mengonsumsi makanan sehat dalam porsi sepanjang hari akan membuat tetap kenyang dan aktif, serta meningkatkan sensitivitas insulin tubuh.

Hindari Duduk Terlalu Lama

Penelitian terbaru menunjukkan duduk di tempat yang terlalu lama dapat melipatgandakan risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular. Penderita diabetes memiliki kelebihan glukosa dalam darah. Glukosa ini bisa membahayakan organ dalam jika tetap berada dalam aliran darah lama.

Minum Banyak Air

Minum air putih secara berkala diketahui bisa mengurangi risiko gula darah tinggi. Saat tubuh mengalami dehidrasi, hormon yang disebut vasopressin meningkat. Hormon ini membuat hati menempel ke air dan mendorong hati untuk menghasilkan lebih banyak gula darah. Sengatan konstan pada hati pada akhirnya dapat menyebabkan sekresi insulin meningkat atau sensitivitasnya.

Pemeriksaan Reguler

Memeriksa diri ke dokter merupakan cara terbaik untuk mengelola diabetes. Pemeriksaan rutin akan membantu memantau gula darah, sehingga dapat menyesuaikan makanan dengan benar. Diabetes memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan serius pada organ internal.

Hindari Alkohol dan Merokok

Penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan stroke, merokok hanya melipatgandakan risiko itu. Kelebihan gula darah dan merokok merusak dinding arteri sekaligus membuat pembuluh darah menyempit, serta meningkatkan risiko serangan jantung. Minuman beralkohol menyebabkan penambahan berat badan.

Tidur Nyenyak

Tidur nyenyak bisa membantu mengatur kadar gula darah. Kurang tidur diketahui menyebabkan insensitifitas insulin di tubuh. Tidur nyenyak di malam hari akan membuat tetap aktif sepanjang hari dan menjaga rasa lapar.

Menjaga Berat Badan yang Sehat:

Kelebihan berat adalah musuh terbesar diabetes.

Source: Boldsky

Editor : Adi Ginanjar Maulana
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600