web analytics
Amien Rais: Berkat Buni Yani Ahok Dihukum
Oleh Ananda Muhammad Firdaus, pada Nov 14, 2017 | 12:56 WIB
Amien Rais: Berkat Buni Yani Ahok Dihukum
Amin Rais saat menghadiri sidang vonis Buni Yani di Bandung, Selasa (14/11). (Ananda Muhammad/AyoBandung)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional Amien Rais menghadiri sidang putusan vonis terdakwa kasus dugaan pelanggaran Undang-undang ITE Buni Yani, Gedung Perpustakaan dan Arsip Kota Bandung, Jalan Seram, Kota Bandung.

Amien tampak mengenakan peci hitam dan kemeja putih. Ia mendapat pengawalan khusus dari sejumlah massa simpatisan Buni Yani saat memasuki dan keluar ruangan persidangan. 

"Saya datang kesini untuk menyaksikan Vonis yang dijatuhkan kepada saudara Buni Yani yang dianggap telah melakukan pelanggaran ITE, ujaran kebencian dan lain-lain," ungkap Amien saat ditemui diluar ruang sidang, Selasa (14/11/2017) siang.

Ia menuturkan, Buni Yani sebenarnya jadi pahlawan bagi umat Islam. Tanpa dia, kata Amien, Basuki Tjahaya Purnama selaku Gubernur DKI Jakarta tidak bisa dijebloskan ke penjara karena dianggap memecah belah umat beragama lewat ujaran kebenciannya.

"Nah menurut versi saya, saya justru berterima kasih pada Buni Yani, karena Ahok (panggilan Basuki) kalau tidak dihentikan bisa memecah belah umat beragama makin parah lagi," kata dia.

Menurut Amien, Buni Yani berjasa karena berhasil menangkal perbuatan Ahok tersebut. "Untung ada Buni  Yani yang mengingatkan secara dini bahwa Ahok itu punya potensi memecah belah agama," tambah dia.

Ia pun dalam kesempatan tersebut, sebelum memasuki ruangan sidang sekitar pukul 10.30 WIB sempat berorasi di depan massa simpatisan Buni Yani. Ia mengatakan bahwa Buni Yani adalah orang yang nyata-nyata dikriminalisasi sehingga pantas untuk dibebaskan.

"Saya berharap putusan hakim masuk akal, syukur-syukur dibebaskan. Tapi kalau tidak bisa, masih ada banding," kata dia pada massa aksi.

Sebelumnya Buni Yani dijerat oleh Jaksa Penuntut Umum melanggar pasal 32 ayat 1 jo pasal 48 ayat 1 Undang - Undang RI nomor 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Eleltronik jo Undang - Undang RI nomor 19/2016 tentang perubahan atas UU RI nomor 11/2008 tentang ITE.

Atas hal itu, ia dituntut oleh jaksa dengan tuntutan dua tahun penjara. Selain itu, dia terancam dikenakan denda sebesar Rp100 juta subsider tiga bulan masa kurungan penjara.
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600