web analytics
Ketika Domba Bisa Mengenali Wajah Barack Obama...
Oleh Asri Wuni Wulandari, pada Nov 14, 2017 | 14:09 WIB
Ketika Domba Bisa Mengenali Wajah Barack Obama...
Seekor domba mencoba mengenali wajah mantan Presiden AS, Barack Obama. (REUTERS/University of Cambridge/Jenny Morton)

LONDON, AYOBANDUNG.COM – Domba telah dilatih untuk mengenali wajah selebriti atau nama-nama kesohor lainnya, termasuk mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Domba itu dilatih oleh ilmuwan dari University of Cambridge yang berharap dapat membantu memahami penyakit neurodegeneratif.

Dalam pena yang dilengkapi secara khusus, domba dihadapkan pada gambar orang-orang di dua layar komputer. Di satu sisi, gambar itu akan menjadi orang tak dikenal, dan di sisi lain gambar itu akan menjadi yang dikenal.

Domba akan menerima hadiah berupa makanan untuk memilih foto selebriti dengan memecah sinar inframerah di dekat layar yang menampilkannya. Jika mereka memilih foto yang salah, bel berbunyi dan mereka tidak akan menerima imbalan.

Eureka! Domba akhirnya berhasil mengidentifikasi wajah yang sudah dikenal delapan kali dari setiap sepuluh ekor.

Beberapa nama selebriti yang dikenali diantaranya Emma Watson, Jake Gyllenhaal, pembawa berita BBC Fiona Bruce, dan Barack Obama.

“Kami telah menunjukkan bahwa domba memiliki kemampuan pengenalan wajah yang canggih, sebanding dengan manusia dan monyet,” ujar Profesor Jenny Morton, yang memimpin penelitian tersebut, sebagaimana dilansir dari Reuters pada Selasa (14/11/2017).

Selain diperlihatkan gambar selebriti yang menghadap ke depan, para ilmuwan juga menguji kemampuan domba untuk mengenali wajah dalam foto yang diambil dari sudut lain.

Hasilnya, tingkat keberhasilan domba turun sekitar 15% saat diperlihatkan sebuah foto pada sudut yang lain.

Ilmuwan bertujuan untuk menggunakan domba sebagai model untuk memahami gangguan otak seperti penyakit Huntington, yang berkembang dalam waktu lama dan mempengaruhi kemampuan kognitif si penderita.

Source: Reuters

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600