web analytics
Gempa Dahsyat Guncang Perbatasan Iran-Irak, Ratusan Tewas
pada Nov 13, 2017 | 14:46 WIB
Gempa Dahsyat Guncang Perbatasan Iran-Irak, Ratusan Tewas

HALABJA, AYOBANDUNG.COM -- Gempa dahsyat berkekuatan 7,3 Skala Richter mengguncang perbatasan Iran Irak pada Minggu (12/11) tengah malam menyebabkan sedikitnya 207 warga tewas dan 1.686 lainnya mengalami luka berat dan ringan. Korban tersebut baru terdata dari kawasan Iran saja.

Menurut data USGS, pusat gempa berada 31 Kilometer sebelah timur kota Halabja dengan kedalaman 23,2 Km. USGS pun menyatakan, gempa tersebut termasuk dangkal dan bisa menyebabkan kerusakan yang parah dalam cakupan area yang luas.  

Televisi pemerintahan Iran mengabarkan bantuan regu penolong dan evakuasi sedang meluncur ke lokasi paling parah terkena gempa. Dalam siaran televisi tersebut tampak warga Iran di provinsi Kermanshah berbondong-bondong meninggalkan rumahnya yang rusak pada tengah malalm.

Kantor berita ILNA mengabarkan sebanyak 14 provinsi terkena dampak gempa ini. 

Pemimpin Agung Iran, Ayatollah Ali Khamenei, pada Senin (13/11) pagi menyampaikan ucapan duka cita pada keluarga korban dan meminta pemerintah melakukan segala upaya untuk menolong korban.  

Pemerintah setempat pun mengumumkan semua sekolah yang berada di provinsi Kermanshah dan Ilam provinces diliburkan sebagai langkah antisipasi mencegah jatuhnya korban akibat gempa susulan. 

Iran berada di kawasan pertemuan dua lempeng benua sehingga rentan gempa. Tahun 2003, gempa dengan kekuatan 6,6 SR meluluhlantakan kota bersejarah Bam yang menewaskan sedikitnya 26.000 orang.


 

Source: TIME

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600