web analytics
Imuwan Jawab Pertanyaan Penting : Benarkah Kucing Adalah Sebuah Zat Cair?
Oleh Asri Wuni Wulandari, pada Nov 13, 2017 | 14:22 WIB
Imuwan Jawab Pertanyaan Penting : Benarkah Kucing Adalah Sebuah Zat Cair?
Ilustrasi. (sadanduseless.com)

AYOBANDUNG.COM – Di zaman kuno, kucing disembah sebagai dewa. Namun kini sebuah karya ilmiah mengatakan jika spesies kucing mungkin punya kemampuan untuk melampaui batasan fisik.

Risalah teoritis berjudul On the Rheoogy of Catsitu berpendapat bahwa kucing secara teknis dapat dianggap sebagai zat yang solid dan cair lantaran kemampuan mereka yang luar biasa untuk mengadopsi bentuk wadah mereka.

Hasil penelitian Marc-Antoine Fardin dari Paris Diderot University itu mendapatkan penghargaan dalam Ig Nobel Prize, sebuah penghargaan tahunan untuk penelitian yang membuat Anda tertawa, tapi lalu membuat Anda berpikir. Penghargaan tahunan ini dibuat oleh Improbable Research, sebuah organisasi yang ditujukan untuk sains dan humor.

Cairan, secara tradisional didefinisikan sebagai bahan yang mampu menyesuaikan bentuk agar sesuai dengan wadah. Dalam kondisi tertentu, kucing sepertinya punya sifat yang mirip dengan definisi cairan.

Pengamatan yang agak paradoks ini muncul beberapa tahun lalu, bergabung dengan daftar panjang meme internet yang melibatkan kucing.

Awalnya, hal ini membuat Fardin tertawa. Tapi kemudian ia berpikir dan mencoba membuat penelitian terkait korelasi antara kucing dan zat cair.

Melalui Science Alert, Fardin menjelaskan soal penelitiannya. Ia menyebut jika di tengah definisianya, cairan adalah sebuah tindakan. Materi harus mampu memodifikasi wujudnya agar sesuai dengan wadah. Tindakan juga harus memiliki durasi karakteristik.

Dalam teori, hal ini disebut waktu relaksasi.

Faktanya, kucing mampu menyesuaikan bentuknya dengan wadah mereka jika kita memberi mereka cukup waktu. “Kucing dengan demikian ‘cair’ jika kita memberi mereka waktu untuk menjadi cair,” tulis Fardin.

Dalam dunia reologi, keadaan material bukanlah properti tetap. Yang harus diukur adalah waktu relaksasi. Misalnya, apakah waktu relaksasi seekor kucing berbeda dengan umurnya? Atau apakah tingkat stres kucing berbeda-beda?

Lalu, cobalah para pemilik kucing, sekali-kali perhatikan kucingmu. Sebesar apapun badan kucingmu, bahkan mereka selalu bisa nyungsep tidur di dalam kardus Indomie seukuran 35 x 19 x 25 cm.

Source: Science Alert

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600