web analytics
Alfest 8, Upaya HMAK Polban Tingkatkan Kemampuan Bisnis di Era Digital
Oleh Eneng Reni Nuraisyah Jamil, pada Nov 11, 2017 | 14:40 WIB
Alfest 8, Upaya HMAK Polban Tingkatkan Kemampuan Bisnis di Era Digital

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMAK) Politeknik Negeri Bandung tahun 2017 ini mengangkat seminar nasional bertajuk "Accounting Ledger Festival ke-8" atau disebut "Alfest 8".  
Gelaran "Alfest 8" ini merupakan penggabungan unsur pendidikan dan hiburan yang dikemas sebagai wadah dalam ajang kompetisi dan kreativitas di bidang akuntansi.

Namun "Alfest 8" pun tetap mengedepankan kompetisi dan pengembangan ilmu akutansi sebagai salah satu strategi berbisnis untuk memperkuat daya saing serta meningkatkan kompetensi dan kualitas kalangan intelektualitas salah satunya kaum mahasiswa. 

Dengan tema Infinite Creativity tersebut, "Alfest 8" juga ditujukan untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan mengasah kreativitas serta inspirasi kepada peserta seminar untuk berwirausaha dan mendapatkan pengalaman bersama secara praktis dari para pengusaha yang didapuk menjadi narasumber acara. 

Ketua Pelaksana "Alfest 8", Vidya Utami Putri mengungkapkan tajuk acara Infinite Creativity itu didasari pula oleh ist tantangan ekonomi pada Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). 

Menurut Vidya, di tengah persaingan MEA tersebut, tenaga kerja Indonesia sudah harusnya memiliki daya saing bukan hanya dalam negeri tapi harus pula memiliki daya saing untuk menghadapi persaingan dengan tenaga kerja asing.

Namun, bukan tidak mungkin lanjut mahasiswa berambut panjang tersebut, tanpa adanya dukungan pemahaman menyeluruh, belum tentu ada jaminan bahwa tenaga Indonesia tersebut mampu menghadapi persaingan MEA yang begitu bebas. 

"Makanya dari pada kita kalah, lebih baik sekarang itu kita mulai berpikir kreatif dan memulai bisnis sendiri. Dengan cara ini kita sebagai mahasiswa tidak harus bingung saat lulus mencari pekerjaan, tapi mulai berpikir membangun usaha," ujar Vidya saat ditemui Ayobandung, di sela kegiatan "Alfest 8", Sabtu (11/11/2017).

Selain itu seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, sebagai generasi millenial yang dikenal kreatif dan berpikiran terbuka, menurut Vidya para mahasiswa sebagai generasi muda ini harus bisa beradaptasi dengan perubahan gaya hidup dan pola pikir yang lebih visioner dengan memanfaatkan berbagai situasi untuk membangun karir mereka. 
Oleh karenanya dalam Seminar Alfest 8 para mahasiswa diberikan pemahaman tentang semua pola bisnis di era digital. Tujuannya apalagi selain agar para mahasiswa tersebut tahu pola praktis berbisnis melalui platform digital. 

"Selain itu, dengan digelarnya "Alfest 8" ini setidaknya bisa menginspirasi mahasiswa sebagai generasi muda untuk mulai berbisnis dan memanfaatkan hal-hal positif dari perkembangan teknologi yang semakin pesat ini," pungkas Vidya. 
 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600