web analytics
Pilihan Aktivitas Fisik Bagi penderita Diabetes
pada Nov 10, 2017 | 14:07 WIB
Pilihan Aktivitas Fisik Bagi penderita Diabetes
Olahraga ringan di luar ruangan bisa menurunkan kadar gula tubuh (pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG— Selain menjaga pola makan, penderita diabetes juga dianjurkan tetap melakukan aktivitas fisik.

Namun, aktivitas fisik bagi para penderita diabetes tidak dilakukan dengan materi yang berat. Para ahli kesehatan tetap menyarankan para penderita diabetes melakukan gerakan-gerakan fisik di luar ruangan.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengontrol kadar gula darah tetap stabil. Kadar gula darah yang stabil bisa mencegah terjadinya komplikasi.  

Hanya saja, khusus para diabetasi, sebaiknya memilih aktivitas fisik berintensitas sedang seperti jogging, bersepeda santai, jalan cepat dan berenang.

"Dilakukan secara teratur 3-5 kali seminggu, selama 30-45 menit," ujar spesialis penyakit dalam dari RSCM, Dr. Wismandari Wisnu, SpPD, KEMD, FINASIM di Jakarta, Kamis (9/11), dikutip Antara.

Perlu diketahui bahwa, jeda antar latihan tidak lebih dari 2 hari berturut-turut. 

Selain itu, Wismandari mengingatkan para diabetesi untuk memeriksakan kadar gula darahnya sebelum beraktifitas fisik.  

"100-125 mg/dl boleh berolahraga," kata dia.

Jika malas olahraga rutin, bisa juga dengan melakukan akitivitas fisik disela kegiatan sehari-hari. Berikut ada beberapa tips olahraga ringan dalam aktivitas sehari-hari:

Gunakan tangga

Saat di kantor, biasakan menggunakan tangga darurat saja, dan hindari menggunakan lift, jika ingin turun atau naik dua tingkat saja.

Tentu ini, tidak disarankan jika kantor anda di lantai 2 dan ingin pergi ke lantai 27 misalnya.

Parkir kendaraan jauh

Parkir kendaraan kamu jauh dari pintu masuk, agar ada ruang untuk berjalan kaki. Jangan dimanjakan dengan jasa layanan valet parking. Hal ini berlaku jika anda mau ke tempat kantor, kantor rekan kerja, ke sekolah maupun pergi ke mal.

Bermain dengan anak

Luangkan waktu untuk bermain atau berjalan dengan anak-anak. Kegiatan ini biasanya menyenangkan dan bisa lupa waktu. Pilih kegiatan yang banyak menguras tenaga di luar ruangan, jangan main game di depan komputer atau tablet tentunya.

Membersihkan rumah

Cara lain yang bisa dilakukan adalah memberishkan rumah. Coba cari sudu-sudut ruangan rumah yang jarang disentuh. Bersihkan dan rapikan. Kegiatan ini juga bisa mengeluarkan keringat anda. Selain bermanfaat buat fisik dan jantung, rumah kamu juga jadi lebih rapi


Aktivitas tetap diperluka bagi penderita diabetes sebab banyak manfaat yang diperoleh diantaranya:

  Meningkatkan sensitivitas sel-sel tubuh terhadap insulin sehingga membantu menurunkan kadar gula dan kadar lemak darah.

  Menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat darah (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

  Mengontrol berat badan.

  Menurunkan risiko komplikasi penyakit DM.

  Menguatkan jantung, otot dan tulang.

  Menurunkan tingkat stress.

 

Editor : Asep DM
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600