web analytics
Lima Pulau Terpencil Dunia, Salah Satunya di Indonesia
Oleh Arfian Jamul Jawaami, pada Nov 09, 2017 | 09:14 WIB
Lima Pulau Terpencil Dunia, Salah Satunya di Indonesia
Pulau Amparo.( Docastaway )

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Pernah menyaksikan kehebatan akting Tom Hanks dalam film Cast Away? Tragis dan menyimpulkan jika hidup sendirian ternyata tidak selalu menarik.

Dalam Cast Away diceritakan jika Chuck Noland terdampar di sebuah pulau asing tidak berpenghuni selama empat tahun. Hidup sendirian dengan hanya ditemani sang bola voli bernama Wilson.

Pernahkah kamu membayangkan untuk hidup sendirian layaknya Chuck Noland? Jika itu adalah fantasi terbaik untuk lari dari pahitnya kenyataan maka AyoBandung merangkum lima pulau paling terpencil di dunia sebagai destinasi isolasi diri.

1. Pulau Amparo

Tidak berpenghuni dan berada jauh di lepas pantai barat Sumatera menjadikan Pulau Amparo begitu asing dari peradaban manusia. Sebenarnya Amparo hanya satu dari begitu banyak pulau di Indonesia yang tidak berpenghuni. Namun popularitasnya meningkat semenjak sebuah agen perjalanan bernama Docastaway menawarkan wisata ekstrem bertahan hidup.

Seperti dikutip dari Daily Mail jika Docastaway adalah perusahaan pertama di dunia yang menawarkan liburan ke destinasi terpencil tidak lazim. Salah seorang wisatawan asal Jepang bernama Reikko Hori pernah menggunakan jasa Docastaway dan hidup sendirian di Amparo selama 19 hari dengan hanya membawa pakaian dan kaca pembesar.

AYO BACA : Mampukah Stone Garden Menjadi Destinasi Wisata Bertaraf Internasional?

2. Pulau Nan Madol

Nan Madol adalah sebuah kota kuno misterius yang berada di tengah Samudera Pasifik atau tepatnya sebelah timur Pulau Pohnpei di Mikronesia. Di Nan Madol hanya terdapat bangunan kuno sarat sejarah namun tidak berpenghuni manusia.

Seperti dikutip dari Daily Mail jika struktur bangunan berupa tembok batu setinggi delapan meter yang mengelilingi pulau menunjukkan jika Nan Madol merupakan sebuah kota penting yang dibangun pada abad ke delapan.

Para arkeolog percaya jika Nan Madol merupakan ibu kota dari Dinasti Saudeleur yang berdiri hingga tahun 1628. Sedangkan aktivitas manusia diperkirakan berlangsung sejak abad pertama. Namun karena lokasinya yang teramat jauh dan terpencil memungkinkan jika Nan Madol tidak pernah dikunjungi lagi selain hanya atas kepentingan penelitian.

3. Pulau Bardsey

Selayaknya Nan Madol karena Pulau Bardsey pernah menjadi pusat kekuasaan dan menjadi tempat tersuci di Britania Raya. Namun seperti dikutip dari BBC jika kini Bardsey hanya memiliki empat orang penduduk, 200 anjing laut, 300 domba, 310 spesies burung, dan 20.000 makam jenazah suci termasuk Raja Arthur.

Pada masa jayanya pulau yang berlokasi di Wales tersebut memegang peranan penting dalam bidang keagamaan di Britania Raya hingga awal abad pertengahan. Namun kini Bardsey hanyalah pulau yang tidak memiliki toilet dan jaringan listrik.

AYO BACA : Kampung Wisata SAE Cibiru Siap Tarik Wisatawan Lokal & Mancanegara

4. Pulau Heard

Antah berantah adalah padanan kata yang serasi ketika menggambarkan Pulau Heard. Lokasinya begitu jauh dari peradaban manusia karena berada di tengah Samudera Atlantik antara Benua Australia dan Afrika. Namun jaraknya dengan Australia mencapai 4.200 kilometer dan 3.800 dari Afrika. Satu-satunya daratan terdekat hanyalah kutub selatan itu pun berjarak 1.600 kilometer.

Luas wilayah Heard sekitar 368 kilometer atau berarti dua kali luas Kota Bandung. Lantaran lokasinya yang begitu terpencil maka Heard memiliki pemandangan alam yang tidak lazim dan menawan. Namun seperti dikutip dari The Guardian jika manusia dianjurkan tidak datang ke Pulau Heard.

Soalnya terdapat Gunung Mawson yang hingga kini dinyatakan aktif dan sering mengalami erupsi. Selain itu Heard memiliki suhu udara dingin dan cuaca yang tidak ramah manusia. Buktinya 80% daratan Heard diisi oleh es abadi.

5. Pulau Pitcairn

Letak Pulau Pitcairn memang begitu jauh dari peradaban manusia karena berada di selatan Samudera Pasifik. Namun seperti dikutip dari Telegraph, pulau yang menjadi bagian dari perairan Oceania tersebut nyatanya tetap dihuni oleh manusia dengan jumlah populasi sebanyak 47 jiwa.

Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 10 hari perjalanan untuk dapat mendarat di Pitcairn. Dengan asumsi perjalanan dimulai dari Selandia Baru. Tidak hanya jauh karena ternyata satu-satunya koloni Inggris di Samudera Pasifik tersebut juga begitu mengerikan. Soalnya seluruh penduduk Pitcairn berprofesi layaknya Jack Sparrow yakni bajak laut.

AYO BACA : Wisata Kebun Kina, Surga Di Langit Ujungberung

Editor : Adi Ginanjar Maulana
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600