web analytics
Dampak Kurang Tidur Serupa dengan Kondisi Mabuk
Oleh Asri Wuni Wulandari, pada Nov 09, 2017 | 15:11 WIB
Dampak Kurang Tidur Serupa dengan Kondisi Mabuk
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

AYOBANDUNG.COM – Kurang tidur tak cuma bikin kita mendumel karena rasa ngantuk di sore hari. Bikin semangat kerja melorot atau sedikit-sedikit nundutan tiap kali berhadapan dengan layar komputer. Tapi, kurang tidur juga membikin komunikasi penting antar-neuron di otak menurun. Dampak serupa seperti yang terjadi pada para pemabuk.

Melemahnya jaringan sinyal otak bisa menimbulkan penyimpangan dalam memori dan kemampuan berkonsentrasi. “Kami menemukan bahwa kurang tidur merampas kemampuan neuron untuk berfungsi dengan baik,” ujar pemimpin tim peneliti, Itzhak Fried dari University of California Los Angeles, AS. Hal itu, lanjutnya, menyebabkan penyimpangan kognitif dalam bagaimana kita memandang dan bereaksi terhadap dunia di sekitar kita.

Fried dan rekan-rekannya mempelajari 12 pasien yan bersiap untuk menjalani operasi epilepsy. Artinya, otak mereka telah dilengkapi dengan elektroda untuk mencoba dan mendeteksi lokasi kejang sebelum operasi.

Setiap pasien diminta untuk mengkategorikan serangkaian gambar secepat mungkin. Sementara, para peneliti mengukur kemampuan neuron di dalam otak. Perhatian khusus diberikan pada neuron di bagian lobus temporal, di mana persepsi dan memori visual diproduksi.

Studi menemukan bahwa saat pasien dalam keadaan semakin lelah, kemampuan neuron semakin melambat dan semakin kehilangan kekuatan.

Artinya, kurang tidur mengganggu kemampuan neuron untuk menerjemahkan apa yang dilihat menjadi pikiran yang koheren. Selain itu, para peneliti juga melihat gemlombang yang mengganggu bagian otak dan menimbulkan penyimpangan pada konsentrasi mental.

Kurang tidur bakal bikin kamu sulit untuk berkonsentrasi dan menimbulkan sejenis kabut di dalam otak. Itu terjadi karena neuron telah bergerak semakin lambat.

Para peneliti mengatakan jika dampak itu hampir sama dengan apa yang terjadi pada para pemabuk. Mereka kerap terganggu dalam urusan memori dan pengambilan keputusan.

"Kelelahan parah memberi pengaruh yang sama pada otak untuk mabuk terlalu banyak," kata Fried.

Source: Science Alert

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600