web analytics
Inilah Cara Terbaik untuk Mencegah Obesitas
Oleh Adi Ginanjar Maulana, pada Nov 09, 2017 | 09:35 WIB
Inilah Cara Terbaik untuk Mencegah Obesitas
Meminum jus lemon salah satu hal terbaik untuk mencegah obesitas.(Pixabay)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Anda mungkin berpikir melewatkan makanan merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan mencegah obesitas.

Tapi hal ini benar-benar salah. Diet sehat sebenarnya membantu seseorang untuk mencegah obesitas dan mengatur berat badan mereka.

Selain itu, sebuah studi baru menemukan diet kaya protein dapat membantu mencegah dan mengobati obesitas dengan mengurangi asupan makanan.

Menurut para peneliti dari Imperial College London di Inggris yang telah melakukan penelitian tersebut menyatakan komponen protein makanan dan fenilalanin dapat menekan nafsu makan dengan memengaruhi pelepasan hormon pengatur nafsu makan di usus.

Meskipun diet protein tinggi telah terbukti memuaskan dan untuk mempromosikan penurunan berat badan, mereka dapat menjadi sulit untuk mempertahankan masalah kesehatan lainnya dalam jangka panjang.

Fenilalanin merupakan asam amino yang diproduksi di usus saat protein dicerna dan sebelumnya telah terbukti memengaruhi pelepasan hormon usus yang mengurangi nafsu makan pada hewan pengerat.

Namun, tidak jelas bagaimana asam amino menyebabkan pelepasan ini dan apakah sistem lain terlibat dalam efek penekan nafsu makan phenylalanine.

Untuk menyelidiki efek fenilalanin terhadap pelepasan hormon nafsu makan dan hormon, Profesor Kevin Murphy dan koleganya di Imperial College London menguji efek asam amino pada asupan makanan dan aktivitas otak di daerah yang diketahui terlibat dalam regulasi nafsu makan.

Tikus diberi fenilalanin, baik secara oral maupun rektal, untuk menilai efek pada berbagai bagian usus. Asupan makanan dipantau secara berkala selama 24 jam dan jumlah aktivitas di daerah otak yang terkait dengan regulasi nafsu makan juga dinilai.

Baik fenilalanin oral maupun rektal mengurangi asupan makanan pada tikus dan meningkatkan aktivasi di daerah otak yang diketahui terlibat dalam mengatur nafsu makan.

Setelah pemberian rektal, sejumlah fenilalanin 10 kali lebih rendah daripada yang bisa dimakan setiap hari pada diet protein tinggi, mengakibatkan berkurangnya asupan makanan dan mengaktifkan pusat pengatur nafsu makan di otak.

Data ini menunjukkan fenilalanin dapat mengurangi nafsu makan melalui jalur yang berbeda di usus bagian atas dan bawah. Meskipun tidak diketahui apakah fenilalanin memiliki efek yang sama terhadap nafsu makan manusia, penelitian ini menunjukkan bahwa asam amino mungkin memiliki peran penting dalam mengatur asupan makanan yang dapat digunakan untuk mengobati obesitas.

"Diet tinggi protein diketahui bisa mendorong penurunan berat badan tapi tetap mengikuti mereka bisa menjadi sulit.

Beberapa perawatan di rumah untuk penderita obesitas dan penurunan berat badan seperti dilansir Boldsky, Kamis (9/11/2017):

1. Jus Lemon

Ambil segelas air, tambahkan 2-3 sendok teh jus lemon dan satu sendok teh madu. Minum di pagi hari dengan perut kosong untuk hasil terbaik.

2. Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa yang membantu memperlambat penambahan berat badan dengan membatasi penyerapan lemak. Selain itu, teh hijau juga mengandung semua nutrisi penting. Minum 1-2 cangkir teh hijau untuk hasil terbaik.

3. Cuka Apel

Jika obesitas dan kelebihan berat badan telah mengganggu Anda maka cuka sari apel pasti akan membantu. Ini membantu dalam pemecahan lemak dan mencegah akumulasi lemak. Ambil segelas air, tambahkan satu sendok teh cuka sari apel mentah dan jus lemon. Campur dengan baik lalu diminum di pagi hari.

Source: Boldsky

Editor : Adi Ginanjar Maulana
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600