web analytics
Industri TPT di Indonesia Terus Bergeliat
Oleh Eneng Reni Nuraisyah Jamil, pada Nov 09, 2017 | 17:21 WIB
Industri TPT di Indonesia Terus Bergeliat
Seorang pengunjung melihat-lihat mesin produksi tekstil yang dipamerkan di ajang Indonesia Apparel Production Expo (IAPE) 2017 pada Kamis (9/11). (AyoBandung/Eneng Reni)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Asosiasi Pertekstilan Indonesia alias API Provinsi Jawa Barat, mengungkapkan jika kondisi industri tekstil akhir-akhir ini kembali mengalami pertumbuhan yang cukup baik. 

Sekertaris Jenderal API Jabar, Kevin Hartanto menyebutkan, dari sisi pertumbuhan ekspor, industri tekstil dan produk tesktil (TPT) pada tahun 2017 ini jelas mengalami kenaikan, khususnya di sektor pakaian jadi.  

Merunut data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor industri tekstil periode Januari—Agustus 2017 mencapai US$ 3,05 miliar, sedangkan ekspor untuk industri pakaian jadi pada periode yang sama tercatat sebanyak US$ 5,30 miliar. BPS juga mencatat jumlah ekspor industri TPT pada 8 bulan pertama tahun ini mencapai US$8,35 miliar.

Selain itu, BPS mencatat penjualan ekspor industri tekstil pada Agustus 2017 mencapai US$ 435 juta atau meningkat 5,03% dibandingkan dengan Juli sebanyak US$ 414 juta. Penjualan ekspor industri pakaian jadi pada Agustus tahun ini mencapai US$ 810 juta, naik 16,60% dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebanyak US$ 695 juta.

Bahkan berdasarkan prediksi Kementerian Perindustrian, Kevin menyebutkan jika pertumbuhan industri TPT akan pesat dalam dua tahun ke depan dikarenakan naiknya investasi dan kapasitas produksi sebesar 1.638 ton per tahun dengan nilai investasi sebesar Rp 81 triliun. 

Selain itu, pemerintah pun terus berupaya melakukan program-program yang mampu mendorong pertumbuhan industri TPT ini menjadi semakin baik. Kementerian Perindustrian memacu pertumbuhan industri tekstil pada 2017 dapat mencapai 2,59% atau setara dengan nilai ekspor sebesar US$ 12,09 miliar. 

Upaya tersebut direalisasikan melalui program restrukturalisasi permesinan dan juga program vokasi yang bertujuan untuk menyiapkan tenaga kerja Indonesia yang lebih kompeten.

"Kekuatan Indonesia dalam sektor industri TPT salah satunya adalah integrasi sektor hulu ke hilir. Yang artinya, industri TPT di Indonesia memiliki alur dan supply chain yang lengkap,“ ujar Kevin saat pameran Indonesia Apparel Production Expo (IAPE) 2017, Kamis (9/11/2017). Hal itu, lanjutnya, tak dimiliki oleh negara-negara lain di Asia. “Ke depan potensi ini harus semakin dioptimalkan,” tambahnya.

Kevin menyebut, dengan hadirnya berbagai pameran mesin produksi tekstil dan produk tekstil serupa IAPE 2017 mampu semakin mengupas ide dari hulu ke hilir di tingkat produksi pakaian jadi. Hal itu juga sekaligus menunjukkan jika industri TPT di Indonesia masih bergeliat.

"Pameran-pameran serupa ini bisa menunjukkan bahwa industri pakaian jadi di Indonesia masih terus bergeliat dan menunjukkan pertumbuhan industri TPT yang baik," ujar Kevin. 

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600