web analytics
Yuk Menikmati Gurihnya Soto Sedari
Oleh Eneng Reni Nuraisyah Jamil, pada Nov 03, 2017 | 15:09 WIB
Yuk Menikmati Gurihnya Soto Sedari
Soto Sedari.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Soto adalah kuliner yang sangat populer di masyarakat Indonesia. Di empat makan mulai kaki lima hingga restoran ternama, menu soto selalu menjadi santapan favorit. 

Memang daya tarik si panganan satu ini terkenal dengan kuahnya yang kental dan kaya bumbu, tak ketinggalan suwiran daging ayam, sapi, atau babat yang kerap membuat banyak orang ketagihan dan menjadikan soto sebagai pilihan favoritnya. 

Umumnya soto banyak menggunakan kuah santan yang kental sebagai bahan pembuat kuah sotonya. Namun tidak jarang, untuk menambah nikmatnya kuah soto terkadang para penjual menggunakan susu sapi untuk menambah nikmatnya cita rasa soto. 

Hal inilah yang dilakukan oleh Kedai Soto Sedari, sebuah gerai kuliner di Jl Jendral Sudirman 624, Bandung. Lokasinya mudah terlihat karena warna gerainya didominasi warna kuning dan merah dengan spanduk bertuliskan nama gerainya.

Kedai soto Sedari alias "Semangkuk dari Indonesia" ini mulai dibuka pada Juli 2017 lalu. Reza Noviana salah satu dari tiga pendiri Soto Sedari memiliki impian untuk menjadikan soto Indonesia sebagai kuliner kelas dunia menyusul popularitas rendang, sate, dan nasi goreng.

Foto Ayofoto.

"Saya dan rekan membuat Soto Sedari karena mendengar informasi dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), kalau Presiden RI Joko Widodo akan menduniakan soto dari Indonesia. Maka kita ambil peluang ini dengan membuat Soto Sedari," ungkap Reza saat ditemui AyoBandung di kedainya, Jumat (3/11/2017).

Reza melanjutkan, sebetulnya saat ini terdapat 72 jenis soto di Indonesia yang lengket dengan keunikan dan cita rasa daerah yang mengusungnya. Namun karena standar racikan rempah soto yang cukup sulit, Soto Sedari baru menyediakan tiga varian yaitu Soto Pedas, Soto Betawi, dan Soto Boyolali.

"Kita memilih tiga jenis soto ini karena kita melihat pasarnya soto ini ada. Tapi selanjutnya, Soto Sedari akan menambah jenis soto baru, seperti coto Makassar, Soto Padang, Soto Bogor, dan Soto Banjar," ujar Reza.

Sebagai inovasi yang diunggulkan Kedai Soto Sedari, terdapat dua varian soto yaitu soto bulat dan soto oseng. Soto bulat diberi sensasi sajian bakso. Sementara soto oseng adalah kuah soto yang disajikan terpisah dengan oseng daging sapi yang empuk. 

"Soto dengan bakso dan soto oseng ini murni inovasi kami. Awalnya untuk soto bulat, kami berencana kasih nama soto bakso, namun karena soto dan bakso karakternya kuat maka kita beri nama jadi Soto Bulat. Selain itu, kami juga punya soto andalan yaitu Soto Oseng yang dari rasa dan sajiannya sangat berbeda dengan soto lainnya," ujar Reza. 

Disinggung mengapa tidak ada Soto Bandung, Reza mengungkapkan Soto Bandung tidak terlalu kuat dalam urusan cita rasa. "Soto Bandung itu disajikan bening dengan hanya isian lobak, daging, kacang kedelai, dan lainnya. Tapi karena sementara ini kami ingin jaring pasar dulu dengan soto yang ikonik maka soto Bandung belum dihadirkan. Namun ke depannya Soto Sedari tetap akan membuat Soto Bandung," tegasnya.

Kuah yang Legit dan Gurihnya Susu
Mengenai rahasia kelezatan Soto Sedari, Reza menyebutkan kuah Soto Sedari tidak menggunakan santan seperti soto pada umumnya. Di kedai ini sajian soto menggunakan susu sapi bubuk full cream sebagai pengganti santan. 

"Selain itu kami menyajikan taburan bawang goreng Sumenep yang terkenal dengan wangi dan rasanya untuk menambah cita rasa agar soto lebih nikmat," ujarnya.

Reza optimis, Soto Sedari ini memiliki beragam inovasi rasa yang dapat menghidangkan sebuah perwakilan cita rasa sajian soto dari seluruh indonesia. 

"Rasa yang ingin kami sampaikan saat pelanggan mencoba soto yaitu mengingatkan pelanggan tersebut dengan cita rasa di masa kecil saat pertama kali makan soto buatan ibu," tutur Reza. 

Foto Ayofoto.

Kuah Soto Sedari ini rerata berwarna putih santan.Hal ini menandakan penggunaan susu yang cukup banyak. Kuah sotonya pun terasa sedikit manis, namun tidak membuat mual.  Bau susu samar-samar tercium saat hendak menyendok soto yang bercampur dengan nasi hangat, mi kuning, atau bakso. 

Taburan bawang goreng dan daun bawang pun menjadi padanan yang pas dari sajian dan cita rasa si kuah soto. Isian soto seperti bakso, daging ayam, usus, paru atau babat pun terasa lembut saat dikunyah. 

Walaupun menggunakan susu sebagai campuran kuah sotonya, namun Kedai soto Sedari ini punya harga yang cukup pas di kantong yaitu berkisar Rp16.000-Rp17.000 untuk Soto Boyolali. Untuk Soto Betawi dengan harga sekitar Rp17.000-Rp21.000, dan Soto Pedas dengan harga sekitar Rp19.000-Rp23.000. Harga tersebut belum termasuk nasi.

Kedai Soto Sedari ini buka setiap hari dari pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB. Sedangkan fasilitas pendukungnya antara lain live music yang dimulai dari sore hari sampai kedai tutup. Makanya buat kamu yang mengaku pecinta soto dan bingung cari menu soto yang unik, Soto Sedari bisa menjadi pilihan. 

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600