web analytics
Sudah Langganan Bencana, Mitigasi Harusnya Lebih Canggih
Oleh Mildan Abdalloh, pada Oct 31, 2017 | 17:55 WIB
Sudah Langganan Bencana, Mitigasi Harusnya Lebih Canggih
Aparat dari kepolisian, TNI, dan BPBD Kabupaten Bandung mengevakuasi korban longsor di Kampung Muara, Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung yang dilanda hujan dengan intensitas tinggi, Senin (30/10/2017) dini hari. Longsor tersebut menewaskan Rukman (40), Usu (30) istri dari Rukman dan dua anak lainnya yakni, Dini (8), serta Nanda (6 bulan).(Ist)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Pemerintah Jawa Barat menilai sebagian daerah rawan terhadap bencana saat musim penghujan, baik longsor, pergerakan tanah maupun banjir.

 

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan setidaknya ada 10 daerah di Jawa Barat yang rawan terhadap bencana.

"Di 10 daerah tersebut, setiap tahun pasti terjadi bencana, baik longsor maupun banjir," tutur Demiz, Selasa (31/10/2017).

Dengan seringnya terjadi bencana, kata Demiz, seharusnya sudah mempunyai penanganan yang lebih maju, baik itu dalam pencegahan maupun tanggap darurat.

"Mitigasi bencana harusnya lebih canggih, kejadian-kejadian bencana sebelumnya harus menjadi pengalaman supaya bisa mengurangi dampak," katanya.

Dia mencontohkan petugas penanggulangan bencana di daerah yang menjadi langganan banjir, harus sudah stand by di lokasi langganan banjir ketika terjadi hujan lebat lebih dari dua jam.

Begitu juga di daerah yang rawan terjadi longsor dan pergerakan tanah.

"Kalau hujan besar, segera ungsikan orang yang berada di daerah rawan longsor dan pergerakan tanah, supaya jika terjadi bencana korban bisa diminimalisir," katanya.

Disinggung mengenai longsor yang terjadi di Cipelah, Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, Demiz mengatakan pihaknya belum menerima laporan resmi dari instansi terkait.

"Belum dapat laporan rincinya. Untuk penetapan tanggap darurat bencana, tergantung dari Bupati Bandung. Kalau sudah ditetapkan provinsi tentu akan turun membantu," ujarnya.

Editor : Adi Ginanjar Maulana
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600