web analytics
Ini Lima Negara Eropa Termurah untuk Berlibur
Oleh Arfian Jamul Jawaami, pada Oct 23, 2017 | 19:04 WIB
Ini Lima Negara Eropa Termurah untuk Berlibur
Budapest di Hungaria.(Wikipedia)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Berlibur ke Eropa bukan lagi angan dan mimpi klise kemarin malam. Alasan finansial tidak lagi jadi penghalang untuk dapat sekadar menikmati salju di tengah peradaban termasyhur dunia.

Sebab, beberapa negara di Eropa nyatanya memberikan paket wisata yang super ekonomis untuk isi dompet orang Indonesia. Tentu bukan sembarang negara seperti Inggris atau Prancis.

Untuk itu, AyoBandung merangkum lima negara Eropa dengan taraf hidup paling murah untuk dijadikan tujuan wisata antimainstream. Berikut daftarnya:

1. Bulgaria

Menikmati tarian bara api Nestinarstvo dan pakaian adat bercorak penuh warna khas negeri Eropa Timur adalah pilihan terbaik menikmati liburan bergengsi di jantung Benua Biru. Selain itu, travellers dapat menikmati keindahan arsitektur sarat sejarah dari kota tertua kedua di Eropa yakni Sofia.

Namun jangan cemas karena Bulgaria memiliki paket liburan yang ekonomis bagi dompet para pelancong Indonesia. Menurut salah satu situs traveling Hoppa seperti dikutip dari BBC bila satu hari di Kota Sofia hanya akan menghabiskan  biaya senilai 38 Poundsterling atau setara dengan Rp 630.000. Jumlah tersebut sudah termasuk ke dalam biaya penginapan, makanan, dan transportasi.

Soalnya rata-rata biaya hotel di Kota Sofia berkisar antara Rp300.000 untuk satu malam. Bandingkan dengan Kota Zurich di Swiss yang setidaknya menelan anggaran biaya sekitar 170 Poundsterling atau setara dengan Rp2,8 juta untuk satu malam.

Bulgaria sangat ideal untuk dijadikan destinasi wisata sejarah dan seni. Sekadar menyepi dan menyambangi museum seni serta mendekatkan diri dengan sejarah peradaban Eropa.

2. Hungaria

Budapest merupakan salah satu kota terindah di Eropa yang menjadi jantung ekonomi Hungaria. Arsitektur bergaya Renaisans atau sekadar menikmati kebun anggur di Badascony dan santapan Goulash yang asam dapat dinimati hanya dengan biaya tidak lebih dari ratusan ribu rupiah.

Seperti dikutip dari Daily Star bila satu malam menginap di Budapest setara dengan Rp200.000. Penginapan dan makanan di Budapest memang dikenal lebih murah dibandingkan dengan negara Eropa lain.

3. Irlandia

Irlandia adalah tentang Westlife dan Robie Keane. Tidak hanya itu, meski berada di kawasan elite Britania, namun tidak sulit untuk menemukan hotel berharga murah di Irlandia. Setidaknya beberapa hotel di Kota Dublin menawarkan harga menginap mulai dari Rp90.000. Bahkan lebih murah dari harga hotel di Kota Bandung.

Selain itu, Dublin dipenuhi atraksi wisata dengan harga terjangkau bahkan gratis termasuk National Botanic Gardens dan Museum Modern Art Irlandia.

Seperti dikutip dari USA Today bila harga tiket penerbangan ke Irlandia menjadi sangat murah dalam beberapa tahun terakhir. Setidaknya untuk perjalanan pulang pergi hanya diperlukan anggaran sebesar Rp6 juta.

4. Yunani

Yunani pernah mengalami masa kesulitan ekonomi dan menjadi salah satu negara paling terpuruk di Eropa. Namun berkat alasan tersebut nyatanya menghadirkan keuntungan bagi para travellers. Soalnya pemerintah kemudian menaikkan daya tarik wisata dengan memberikan paket super ekonomis.

Negeri para dewa tersebut cocok untuk travellers yang menyukai wisata sejarah. Memiliki sentuhan Romawi dan Mesir Kuno dalam satu destinasi. Lalu Pulau Paros atau Skiathos dengan cuacanya yang eksotik dinilai sebagi destinasi terbaik di Yunani.

Seperti dikutip dari CNN disarankan pelancong untuk membawa banyak uang tunai. Sebab meski telah melalui masa krisis ekonomi, namun beberapa bank masih ditutup pemerintah dan pengambilan uang di mesin ATM dibatasi hanya sampai Rp887.000 per hari.

Travellers yang membawa uang tunai dapat melakukan penawaran lebih murah daripada membayar secara debit atau kredit. Karena nilai uang secara tunai dipandang lebih berharga oleh pihak pertokoan daripada debit atau kredit.

5. Macedonia

Macedonia jadi salah satu saksi bisu kejayaan kekaisaran Ottoman Turki di masa lampau. Alhasil bangunan berkubah sarat sejarah sangat mudah ditemui di negara kecil yang terletak di utara Yunani.

Seperti dikutip Business Today bila anggaran biaya liburan di Macedonia 94% lebih murah dibandingkan dengan taraf hidup di New York dalam satu malam.

Selain itu, harga jual barang dan jasa di negara yang sangat tenang tersebut juga sangat rendah sehingga membuatnya menjadi tempat ideal untuk hidup.

Editor : Adi Ginanjar Maulana
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600