web analytics
Bagaimana Kebiasaan Generasi Z dalam Berbelanja?
Oleh Adi Ginanjar Maulana, pada Oct 18, 2017 | 12:58 WIB
Bagaimana Kebiasaan Generasi Z dalam Berbelanja?
Konsep ritel bagi Generasi Z.(Marklives)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Ada gelombang baru di era modern dengan membawa serangkaian keyakinan, pengalaman, dan perilaku baru yakni Gen Z atau generasi Z.

Mereka merupakan generasi asli digital yang tidak pernah tahu apa artinya tanpa teknologi, kepuasan instan, dan akses terhadap informasi yang menyertainya.

Mereka merangkul cara baru berbelanja langsung dari platform sosial media seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan Snapchat.

Studi IBM baru-baru ini, yang menyurvei 15.000 responden di 16 negara, mengungkapkan sebanyak 67% Gen Z membentuk lanskap ritel - bagaimana perilaku mereka kerap menggunakan ponsel pintar untuk melakukan segala aktivitas terutama berbelanja online di e-commerce-.

Dengan e-commerce yang tumbuh lebih cepat daripada sektor bisnis lainnya, membuat berbagai lini usaha perlu mengubah haluan ke digitalisasi.

Gen Z memiliki pola pengalaman yang lapar, sehingga bisa dibilang salah satu kelompok konsumen paling canggih dan terkomplikasi dalam sejarah. Mereka menuntut pengalaman ritel dan provasi di dunia online.

Untuk menambah dinamika, Gen Z merupakan generasi yang jauh lebih tidak percaya daripada yang lain. Mereka lebih berhati-hati dalam pengeluaran dan cenderung memercayai saran orang-orang yang berpengaruh, bukan institusi besar.

Evolusi Ritel bagi Gen Z

Seperti dikutip dari Marklives, Rabu (18/10/2017), toko-toko Apple yang baru dan lebih besar telah dirancang untuk mewakili "alun-alun kota", lengkap dengan wifi 24 jam, pepohonan, dan ruang sejuk serta terang. Pembeli dapat mengumpulkan, terhubung, dan belajar mengenai produk Apple terbaru.

Sama halnya dengan Nike maupun Adidas. Kedua produsen fesyen tersebut meluncurkan toko sebagai laboratorium inovasi untuk melayani pelanggan dengan cara baru.

Dengan memahami pengalaman berbelanja jauh lebih banyak daripada konsumerisme murni, evolusi ritel ini menumbuhkan pembeli di dunia.

Redaksi akan mengulas lebih dalam soal Generasi Z. Simak terus laporannya dari berbagai lini untuk memudahkan pembaca atau stakeholder lainnya memahami segala sesuatu mengenai Generasi Z hingga transisi ke Generasi Alfa.

Source: Marklives

Editor : Adi Ginanjar Maulana
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600