web analytics
Genderang Pembakar Semangat dari Bomber Music Crew
Oleh Anggun Nindita Kenanga Putri, pada Oct 15, 2017 | 19:31 WIB
Genderang Pembakar Semangat dari Bomber Music Crew

“Kami di sini selalu bersamamu. Bangga mengawal kau kebanggaanku. Tak pernah lelah dan jangan menyerah. Di sini kami selalu bersamamu. Ayolah Maung Bandungku selalu ada untukmu. Ayolah Maung Bandungku kami berjuang bersamamu. Kami percaya kamu. Kami bangga padamu. Engkaulah kebanggaan di hatiku,”

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Untuk yang sering nonton pertandingan Persib langsung di lapangan, pasti sudah tidak asing dengan lagu seperti ini. Iya, ini adalah lagu kebangsaan atau anthem yang wajib dinyanyikan oleh bobotoh pada saat tim kesayangan mereka akan berlaga di lapangan.

Dari segala tribun, para bobotoh kompak menyanyikan lagu kebangsaan Persib ini. Tapi coba tengok ke tribun selatan, di tengah keriuhan bobotoh mendendangkan lagu yang memberikan semangat ini, terdapat beberapa anak muda yang mengiringi dirigen sambil bermain musik. 

Dengan alat musik yang mereka mainkan, lagu wajib Persib menjadi lebih berirama dan ceria. Para pemain musik tersebut tergabung dalam Bomber Music Crew (BMC)

Leader dari BMC, Iqbal Syahbudin, mengatakan bahwa BMC telah terbentuk sejak lama. BMC memang salah satu unit dari Bomber atau Bobotoh Maung Bandung Bersatu yang dikhususkan untuk mengiringi para Bomber saat melantukan yel-yel untuk memberi semangat kepada Persib saat di lapangan.

“Saya baru jadi leader ketika tahun 2012. Awalnya leader-nya bernama Kang Entis. Tapi karena kesibukan, maka akhirnya saya yang dipercaya menggantikan dia,” katanya.

Tugas para anggota BMC bukan hanya memainkan musik saat yel-yel dikumandangkan. Mereka juga harus koordinasi dengan dirigen untuk menyajikan suatu suguhan hiburan dan koreo yang dapat memberikan semangat.

Ibarat sayur tanpa garam, stadion tanpa nyanyian itu pasti tidak akan greget. Maka tugas para ponggawa BMC ini yang akan membawa atmosfer ceria dan penuh energi, tidak hanya pada pemain Persib yang akan bertanding, tapi juga pada seluruh bobotoh yang hadir di stadion.

Anggota BMC terdiri 23 orang. Terdiri dari 8 orang pemain terompet, sisanya adalah pemain sener, kuarto,dan tom-tom. Yang istimewa adalah hadirnya Astri Nurdianti, seorang mojang bobotoh yang menjadi penabuh tamborin di BMC.

“Delapan orang pemain terompet tersebut dari Bomber Sukabumi. Sisanya termasuk Astri, asli orang Bandung,” ucapnya.

Video aksi BMC saat bermain musik mengiringi bobotoh dalam menyanyikan yel-yel Persib, sudah sering diposting di sosial media, seperti Youtube dan Instagram. Tidak sedikit bobotoh yang memuji permainan musik mereka.

Tidak sekedar mengiringi bermain musik, BMC selalu menekankan untuk mempersembahkan suatu musik yang datangnya dari hati. Mengapa? Karena lantunan musik mereka ditujukan kepada tim yang mereka sangat cintai.

“Intinya kami itu bermain dengan hati. Jadi bermain sepanjang 90 menit atau lebih pun tidak akan kerasa lelah. Karena mempersembahkan buat tim yang kami cintai,” tuturnya.

Bukan perkara mudah selalu stand by bermain musik dari awal hingga peluit akhir pertandingan. Para anggota BMC harus memiliki fisik yang kuat. Selain menjaga stamina dengan cukup istirahat, mereka juga menjaga pola makan, dan tidak lupa untuk berolahraga agar tetap fit saat harus ‘manggung’ di hadapan para bobotoh.

Brang breng brong dari BMC ini juga diharapkan sebagai sebuah hiburan manis bagi para bobotoh yang hadir di stadion. Iqbal dan kawan-kawan juga ingin membangkitkan semangat para bobotoh lainnya untuk tetap mendukung tim Maung Bandung, di tengah prahara yang kini banyak melanda Persib.

“BMC selalu ada buat mendukung Persib, apapun keadaannya. Maung Bandung tetap di hati,” tutupnya.

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600