web analytics
Bappeda Litbang Kota Bandung Rancang Program Keselamatan Jalan
Oleh Ananda Muhammad Firdaus, pada Oct 12, 2017 | 20:55 WIB
Bappeda Litbang Kota Bandung Rancang Program Keselamatan Jalan
Kepala Sub Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan wilayah 2 Bappeda Litbang Kota Bandung, Sam Satriabadra ditemui awak media usai agenda Bandung Menjawa di Balaikota Bandung, Kamis (12/10). (AyoBandung/Ananda Firdaus)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan alias Bappeda Litbang Kota Bandung membuat sebuah buku panduan keselamatan pengguna jalan bernama Bandung Road Safety

Kepala Sub Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah 2 Bappeda Litbang Kota Bandung, Sam Satriabadra menjelaskan, panduan tersebut dibuat sebagai acuan pembangunan di Kota Bandung.

"Bandung Road Safety itu ada dua bagian. Pertama terkait dengan masalah pembangunan infrastruktur secara fisik. Keduanya secara non-fisik," kata Sam menjelaskan usai agenda Bandung Menjawab di Balaikota Bandung, Kamis (12/10/2017). 

Dalam menggarap materi soal pembangunan non-fisik, pihaknya menggaet organisasi pegiat keselamatan hidup dari Amerika Serikat Bloomberg Philanthropies. Di dalamnya, pembahasan fokus kepada kampanye untuk mengubah perilaku masyarakat pengguna jalan.

"Kita dibantu Bloomberg Philanthropies. Di sana ada empat bahasan, pertama terkait keselamatan jalan dan mobilitas, kedua tentang pemberdayaan, ketiga terkait dengan data, terakhir dengan penanganan pasca-kecelakaan," jelas Sam.

Sedang untuk materi pembangunan fisik, buku Bandung Road Safety menyoroti upaya-upaya penambahan dan pengembangan infrastruktur yang nantinya ditindaklanjuti oleh instansi-instansi terkait di Kota Bandung. Misalnya saja konsep pembangunan zebra cross yang lebih unik atau diperlebar yang bisa ditindaklanjuti oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung, atau soal trotoar di Jalan Jenderal Sudirman yang bisa didesain semenarik mungkin yang nantinya ditindaklanjuti oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung.

Mengingat anggaran yang terbatas, kata Sam, kolaborasi bersama pihak-pihak lain serupa Bloomberg dinilai sangat membantu Bappeda Litbang dalam upaya pencanangan rekomendasi program pemerintahan.

"Jadi dengan datangnya lembaga internasional itu, kami terbantu. Dokumen-dokumen kajian yang biasanya dibuat oleh perangkat daerah dengan menggunakan APBD digantikan oleh bantuan lembaga tersebut yang konsen akan hal itu," kata Sam.

Disinggung tentang angka kecelakaan pengguna jalan yang menurun dari rentang waktu 2013-2016, Sam mengatakan jika hal itu merupakan salah satu dampak dari hasil kerja sama. "Jadi kolaborasi yang dibangun saat ini dikatakan berhasil lah," katanya. 

Selain itu, ia juga menyampaikan jika ke depannya akan direncanakan kerja sama baru dengan Kedutaan Inggris dalam menindaklanjuti Bandung Road Safety itu sendiri. “Sekarang di Kedutaan Inggris akan masuk hibah juga,” ujarnya. Proses tersebut diakuinya kini masih dalam tahap penjajakan.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Humas Jawa Barat Aher Ahmad Heryawan 160x600 Socmed Ayo Bandung 160x600