web analytics
Menengok Koleksi Jersey di Museum Hariono
Oleh Anggun Nindita Kenanga Putri, pada Oct 11, 2017 | 16:33 WIB
Menengok Koleksi Jersey di Museum Hariono
Museum Hariono (Anggun/ayobandung)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Di sebuah ruangan berukuran 6x5, terdapat sebuah lemari kaca yang berjejer rentetan jersey.

Itu bukan kaos seragam sembarangan. Sebab, di jersey tersebut tertulis nomor punggung 24, yang menjadi identitas seorang gelandang Persib, Hariono.

Sebagai bentuk rasa terimakasih dan cintanya kepada Tim maung Bandung yang telah membesarkan namanya, Hariono membangun sebuah museum mini yang dipersembahkan untuk para bobotoh alias penggemarnya.

Museum Hariono ini terletak di Jalan Bengawan no. 56 Bandung. Loaskinya   satu area dengan The Original Viking Fanshop.

Fahyol, pengurus The Original Viking Fanshop sekaligus penjaga Museum Hariono mengatakan walaupun belum diresmikan melalui seremonial, namun sudah banyak bobotoh yang berkunjung ke museum ini.

"Kalau diresmikan secara khusus belum, paling nanti menunggu kabar selanjutnya dari Mas Har (sebutan akrab Hariono). Karena sekarang Mas Harga sedang fokus untuk melawan PSM Makassar," katanya saat ditemui ayobandung, Rabu (11/10/2017).

Museum in sudah dibuka sejak April 2017. Tiap harinya selalu saja ada bobotoh yang mampir. Bahkan menurutnya, warga asing dari Singapura pun sudah pernah berkunjung ke sini.

"Ada juga bobotoh yang kerja di Jepang juga pernah kemari," ucapnya.

Di Museum Hariono, tersimpan jersey dari mulai ia debut di Persib pada 2008. Salah satu jersey yang menjadi favorit dari pemain berambut gondrong tersebut adalah kaso yang dipakai  saat final Persib melawan Persipura pada 2014.

"Jersey favorit Mas Har adalah yang dipakainya ketika Persib juara di ISL 2014," ujarnya.

Di sini juga dipajang sepatu yang menghantarkan Mas Har cetak gol satu-satunya untuk Persib pada saat berlaga lawan Perseru di Piala Presiden. Ada pula sepatu yang dipakainya saat final ISL 2014 silam.

Bukan cuma sepatu milik Hariono, terdapat juga sepatu dari beberapa pemain yang masih aktif maupun mantan pemain yang pernah memperkuat Pangeran Biru, seperti Ahmad Jufriyanto, Supardi Natsir, Vladimir Vujovic, M.Ridwan, Firman Utina, hingga Juan Belencoso.

Di sebuah dinding pun terpajang beberapa koleksi Jersey dari pemain-pemain besar di Indonesia, yakni Boaz Solossa, Nova Arianto, Purwaka Yudi, dan Bima Sakti.

Museum ini juga mengabadikan beberapa piala yang diperoleh tim Maung Bandung. Dari piala yang diperoleh Persib ketika menang di Piala Perserikatan tahun 70-an hingga sebuah replika Piala Presiden tahun 2015.

Hariono sendiri ternyata rajin menengok museumnya selama seminggu sekali. Ke depan, Fahyol ingin membuat Museum Hariono ini jauh lebih baik lagi.

"Sudah ada pembicaraan dengan Mas Har untuk berinovasi dengan museum ini. Nanti juga maunya di dalamnya ada televisi layar lebar jadi kita bisa nonton match Persib yang dulu-dulu," tutupnya.

Editor : Asep DM
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600