web analytics
10 Gaya Hidup agar Jantung Tetap Sehat
Oleh Adi Ginanjar Maulana, pada Oct 11, 2017 | 11:08 WIB
10 Gaya Hidup agar Jantung Tetap Sehat
Ilustrasi jantung.(Pixabay)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Menjaga jantung tetap sehat merupakan hal yang sangat wajib dilakukan setiap orang.

Namun, gaya hidup sebagian orang yang kurang memerhatikan keadaan lingkungan terutama mengonsumsi makanan dan aktivitas sehari-hari.

Berikut hal yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung seperti dikutip Times India, Rabu (11/10/2017):

Ketahui lemak berbahaya

Sebagian besar orang tidak tahu perbedaan jenis lemak. Anda harus mengatakan tidak pada lemak dan semua sumbernya, termasuk makanan cepat saji, makanan kemasan dan olahan, serta makanan cepat saji dan roti.

Jangan duduk terlalu

Duduk terlalu lama sangat tidak sehat untuk jantung Anda. Sebuah penelitian menunjukkan hal itu meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 147%. Kemungkinan kematian akibat penyakit ini hampir berlipat ganda hingga 90%.

Merokok pasif

Perokok pasif meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Sebab, asap yang tidak secara terus-menerus ke tubuh akan mengganggu fungsi jantung.

Kebersihan gigi

Banyak yang tidak tahu tentang hubungan antara kesehatan gigi dan jantung. Bila bakteri yang menyebabkan penyakit gusi masuk ke aliran darah bisa menyebabkan peradangan pada pembuluh darah.

Tidur selama tujuh jam

Tidur minimal tujuh jam. Sebuah studi menunjukkan orang yang tidur kurang dari enam jam meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dua kali lipat, termasuk serangan jantung dan stroke. Kurang tidur dapat mengganggu proses biologis sehingga memengaruhi tekanan darah dan kondisi jantung.

Kenali tekanan darah Anda

Idealnya, jika Anda berusia antara 18 dan 30 tahun harus mendapatkan tekanan darah setiap tiga sampai lima tahun. Jika Anda lebih tua, harus memeriksanya setiap tahun.

Letakkan earphone Anda

Suara keras juga bisa memperparah kondisi jantung. Studi telah menunjukkan suara keras seperti lalu lintas atau musik dapat meningkatkan detak jantung.

Tidak memainkan ponsel di atas pukul 8 malam

Ponsel memiliki dampak buruk pada kesehatan dan telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Cahaya biru yang dipancarkan ponsel dapat meningkatkan risiko kanker, diabetes, dan masalah jantung.

Makan makanan sehat

Ini berarti mengonsumsi lima porsi buah segar, sayuran, buah kering, kacang-kacangan, dan biji dalam sehari. Semua makanan olahan seperti kue, roti, dan roti tepung olahan perlu dihindari.

Source: Times of India

Editor : Adi Ginanjar Maulana
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600