web analytics
PVMBG Sosisaliasikan Peta Prakiraan Potensi Bencana Gerakan Tanah
Oleh Ananda Muhammad Firdaus, pada Oct 11, 2017 | 16:14 WIB
PVMBG Sosisaliasikan Peta Prakiraan Potensi Bencana Gerakan Tanah
Plt Kepala Badan Geologi, Rida Mulyana saat mensosialisasikan peta prakiraan wilayah potensi bencana gerakan tanah dan banjir bandang di Auditorium Badan Geologi, Bandung, Rabu (11/10). (AyoBandung/Ananda Firdaus)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi alias PVMBG sosialisasikan peta prakiraan wilayah potensi gerakan tanah dan banjir bandang di Auditorium Badan Geologi, Bandung, Rabu (11/10/2017).

Peta tersebut dibuat untuk mengakomodir permintaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan masyarakat tentang pemetaan, penyelidikan, pemantauan, tanggap darurat, dan rekomendasi, baik studi kelayakan, relokasi, dan penataan ruang.

"Sosialisasi ini baru pertama dilakukan, dan saya harap bisa dirutinkan karena ini menyangkut dengan keselamatan jiwa dan kerugian material," terang Plt Kepala Badan Geologi, Rida Mulyana di Auditorium Badan Geologi, Bandung, Rabu (11/10/2017).

Potensi kebencanaan geologi di tanah air, ungkap Rida, terbilang banyak. Selain itu, tingkat kesadaran masyarakat berikut petugas kebencanaan dalam menyikapi bencana pergerakan tanah masih minim, sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan kerugian bila tidak diantisipasi lewat peta tersebut.

Di Provinsi Jawa Barat saja pada tahun 2017, tercatat telah terjadi 142 bencana pergerakan tanah hingga bulan Oktober ini. Angka itu disebut-sebut sebagai yang tertinggi di Indonesia, meski dari sisi korban, Provinsi Jawa Timur berada di urutan pertama.

Untuk membantu proses sosialisasinya, PVMBG telah mendistribusikan masing-masing peta prakiraan bencana di masing-masing wilayah di Indonesia melalui setiap gubernurnya.

"Selama ini peta belum cukup maksimum sampai kepada masyarakat. Akhirnya kami sampaikan melalui gubernur dan kepala-kepala BPBD untuk mempercepat sosialisasi ke bawahnya," jelas Rida.

Selain dikeluarkannya peta tersebut, PVMBG juga rutin dalam setiap bulannya untuk menginformasikan potensi-potensi bencana melalui situs www.vsi.esdm.oo.id. Lainnya, telah tersedia aplikasi Magma Indonesia yang bisa diunduh melalui Play Store.

"Bahwa ini bisa diunduh gratis dan setiap bulannya selalu di-update, maka saya minta tolong informasikan kepada saudara atau keluarga kita apakah sedang berdiam di tempat yang bahaya atau tidak," terang Rida.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600