web analytics
Jabar Penyumbang Intensitas Pergerakan Tanah Terbanyak
Oleh Ananda Muhammad Firdaus, pada Oct 11, 2017 | 14:57 WIB
Jabar Penyumbang Intensitas Pergerakan Tanah Terbanyak
Plt Kepala Badan Geologi Rida Mulyana dalam Sosialisasi Potensi Kebencanaan Gerakan Tanah di Auditorium Badan Geologi, Bandung, Rabu (11/10). (AyoBandung/Ananda Firdaus)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Kawasan Provinsi Jawa Barat disebut sebagai daerah yang paling rawan akan pergerakan tanah. Dari total 845 kejadian di Indonesia, pergerakan tanah di Jawa Barat terjadi sebanyak 142 kali.

Sementara dari tahun 2012-2016 telah terjadi sebanyak 1.304 gerakan tanah di Indonesia yang menimbulkan kurang lebih 785 korban jiwa, serta 19.244 bangunan rusak dan hancur.

"Sampai bulan Oktober 2017 kejadian di Indonesia paling banyak di Jawa Barat sampai 142 kejadian, kalau korban jiwa kebanyakan di Jawa Timur," kata Plt Kepala Badan Geologi, Rida Mulyana setelah berpidato dalam acara Sosialisasi Potensi Kebencanaan Gerakan Tanah di Indonesia di Auditorium Badan Geologi, Jalan Diponegoro, Bandung, Rabu (11/10/2017).

Pergerakan tanah tersebut, jelas Rida, bisa menimbulkan bencana longsor. Iklim tropis di Indonesia membuat struktur tanah berkarakter gembur, hingga menimbulkan kerawanan bilamana memasuki cuaca tertentu. "Bencana longsor ini terutama karena faktor alam, walau bencana longsor juga ada karena akibat aktivitas manusia," terang pria yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM ini.

Memasuki musim penghujan, bencana tanah longsor makin rawan terjadi. Tanah yang asalnya gembur akan lapuk bila terkena air hujan. Belum lagi mengingat pertumbuhan populasi manusia yang berimplikasi terhadap pembangunan dapat menimbulkan ancaman korban jiwa.

"Saya sangat mengimbau karena ini kan masuk musim penghujan, longsor itu kan trigger-nya musim hujan, apalagi di lokasi-lokasi perbukitan itu rentan. Jadi warga harus meningkatkan kewaspadaannya juga," tambah dia. 

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600