web analytics
Ini Tips Agar Tetap Fit Selama Musim Pancaroba
Oleh Anggun Nindita Kenanga Putri, pada Oct 06, 2017 | 15:57 WIB
Ini Tips Agar Tetap Fit Selama Musim Pancaroba
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Musim peralihan atawa pancaroba erat kaitannya dengan munculnya berbagai jenis penyakit. Sistem pertahanan tumbuh mendadak turun dalam musim ini.

dr Suryani Saad dari Klinik Abadi Husada Medika, Bandung, memberikan tips untuk mengurangi gangguan kesehatan selama pancaroba. Ada beberapa upaya yang harus dilakukan demi menjaga keseimbangan daya tahan tubuh atau imunitas.

 

Pastikan menjaga asupan tubuh

Hindari konsumsi berlebih makanan yang mengandung minyak atau goreng-gorengan, bersantan, berlemak, dan makanan tak sehat lainnya. Gantilah dengan menu bergizi seperti buah-buahan dan sayuran. “Coba mulai hindari makanan yang dijual di pinggir jalan. Karena kebersihannya juga tidak terjaga,” katanya.

Untuk menyiasatinya, kita bisa membawa bekal dari rumah yang kualitas gizi dan kebersihannya lebih terjaga.

Perbanyak minum air putih

Sehubungan dengan suhu udara yang berubah cepat ditambah kondisi lingkungan yang lembap membuat tubuh membutuhkan banyak cairan. Cairan dalam tubuh berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Bila asupan cairan kurang, maka tubuh akan rentan mengalami dehidrasi.

"Minum air putih delapan gelas atau sekitar dua liter per hari itu sangat penting!” jelasnya.

Miliki waktu istirahat yang cukup

Setelah seharian beraktivitas, maka tubuh membutuhkan istirahat pada malam harinya untuk memulihkan kondisi. Pada saat tidur malam, proses metabolisme juga berjalan. Agar tetap sehat, usahakan kamu memiliki waktu tidur selama tujuh hingga delapan jam per harinya.

Jika kita kekurangan waktu tidur, maka proses metabolism akan terganggu. Dengan begitu, tubuh tak mampu memulihkan kondisinya, yang ujung-ujungnya membuat daya tahan tubuh menurun, sistem imun melemah dan badan rentan terkena penyakit.

Biasakan mencuci tangan sebelum makan

Biar terkesan remeh, tapi hal ini penting agar kedua tangan bersih dari kuman yang bisa saja melekat sebelumnya. Apalagi tangan adalah bagian tubuh manusia yang paling banyak bersentuhan dengan benda atau orang lain.

“Salah satu timbulnya penyakit kulit dan flu juga karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk cuci tangan sebelum makan,” ucapnya.

Rajin berolahraga

Berolahraga memastikan tubuh agar tetap bugar sehingga daya tahan tubuh terjaga. Selain itu, keringat dalam tubuh juga bisa keluar melalui olahraga dan akan membuat badan kita menjadi semakin segar.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600