web analytics
Kulit Kering Saat Pancaroba? Ini Cara Mengatasinya
Oleh Anggun Nindita Kenanga Putri, pada Oct 04, 2017 | 14:07 WIB
Kulit Kering Saat Pancaroba? Ini Cara Mengatasinya
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)
BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Perubahan musim atau pancaroba, tidak hanya membuat kuman dan jamur mudah berkembang biak. Cuaca panas dan hujan yang terjadi bergantian di musim ini, juga dapat mempengaruhi kelembaban kulit.

Musim pancaroba juga dapat membuat kulit menjadi lebih mudah kering dan kusam. Ini terjadi disebabkan kurangnya pasokan nutrisi dari udara yang tidak menentu, sehingga membuat kulit mudah kering. Tak jarang, sering pula menyebabkan kulit mudah mengelupas dan pecah-pecah.

Namun beberapa dari kita seringkali memiliki kebiasaan buruk saat kulit sedang kering. Kebiasaan tersebut ialah mengupas kulit kering tersebut, padahal sebenarnya belum waktunya bagi kulit untuk mengelupas secara keseluruhan.

Menurut dokter kulit dari klinik kecantikan MD Clinic by Lazeta, Nadia Marshella menyatakan bahwa kebiasaan buruk tersebut dapat berdampak tidak baik pada kulit.

“Ketika kulit sedang kering, sebaiknya tidak boleh mengupas kulit sebelum terkelupas. Nanti akan menyebabkan kulit bisa iritasi,” ujarnya pada Selasa (3/10/2017).

Iritasi wajah bisa ditandai dengan munculnya tanda kemerahan pada wajah. Pada kulit yang sensitif, iritasi wajah bisa juga menyebabkan kulit menjadi terasa gatal dan merasa sensasi terbakar pada wajah.

Terlalu sering mengupas wajah saat kulit kering juga malah akan membuat kulit semakin kering, karena minyak alami dalam kulit bisa berkurang.

Saat musim pancaroba, kulit yang lebih tampak kering bisa dilembabkan dari dalam yakni dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Di kala cuaca panas, agar elastisitas kulit tetap terjaga, ketika ke luar rumah ia menyarankan agar kita tak lupa mengoleskan tabir surya untuk terhindar dari efek buruk paparan sinar matahari.

“Bahkan saat musim hujan sekali pun ada baiknya kita tetap memakai pelembab. Sebab tak hanya cuaca panas yang dapat merusak kulit, air hujan yang menyentuh permukaan kulit juga dapat merusak lapisan pelindung serta kelembapan kulit,” katanya.

Untuk kenyamanan pilihlah baju dengan bahan yang sejuk dan hindari penggunaan pakaian yang terbuat dari bahan rayon, nilon, wol dan polyester. Bahan-bahan tersebut bisa membuat kondisi kulit menjadi semakin iritasi.

Tak hanya kulit wajah, bibir pun harus diperhatikan kelembapannya. Penggunaan lipbalm dapat membantu agar bibir tidak mudah kering dan pecah-pecah.

Tapi menurut Nadia, yang terpenting adalah kita harus menjaga pola hidup kita dengan makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan rutin berolahraga.

“Jangan lupa konsumsi vitamin secara teratur untuk menjaga daya tahan tubuh saat beraktivitas saat musim pancaroba,” tuturnya.

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600