web analytics
Ini 7 Komunitas Fotografi Kepunyaan Bandung
pada Oct 03, 2017 | 15:15 WIB
Ini 7 Komunitas Fotografi Kepunyaan Bandung
Workshop Komunitas Pinhole Bandung di Fakultas Sastra, Unpad. (Instagram @pinholebdg)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Kota Bandung memang selalu bisa bikin jatuh cinta di setiap sudutnya. Bangunannya, tamannya, suasananya, orang-orangnya, juga alamnya. Tak ayal bikin kita selalu ingin mengabadikan semuanya, agar kelak Kota Bandung selalu dikenang.

Urusan mengabadikan momen, kids jaman now tentu banyak yang menggandrungi fotografi. Minimal untuk mengunggah hasil jepretannya di Instagram. Meski memang tak semuanya seperti itu. Tapi hobi fotografi itu menyenangkan, menangkap gambar yang barangkali saja tak tertangkap oleh orang lain dengan berbagai cara.

Tak ayal, berbagai komunitas fotografi pun banyak berdiri. Kira-kira, komunitas foto apa saja ya yang ada di Bandung?

 

Explore Bandung

Berawal dari kecintaan terhadap setiap sudut Kota Bandung yang bikin jatuh cinta, akun Instagram @explorebandung pun kerap mengunggah foto-foto ciamik yang diambil dari tempat-tempat yang berada di sekitar kota. Penyumbang foto-foto ciamik tersebut adalah warga Bandung yang turut mempromosikan destinasi wisata yang dimiliki si Kota Kembang. Sekaligus juga menggambarkan bahwa Bandung itu indah.

Tidak hanya sebatas di media sosial, Explore Bandung juga sering mengadakan hunting foto serta diskusi mengenai fotografi yang menghadirkan fotografer ahli di bidangnya. Bahkan tidak hanya foto, Explore Bandung juga kerap mengadakan workshop film atau mengedit video bersama ahli.

Komunitas Semut Foto Bandung

Kamu barangkali saja pernah bertemu dengan komunitas foto yang satu ini di pusat perbelanjaan elektronik Bandung Electronic Center alias BEC. Ya, Semut Foto Bandung menjual berbagai kebutuhan fotograsi, dari mulai yang standar hingga profesional.

Tidak hanya memenuhi kebutuhan fotografi, Semut Foto Bandung juga memiliki sebuah komunitas yang dinamakan Komunitas Semut Foto Bandung. Komunitas ini biasa mengadakan kegiatan memotret bersama model-model di Kota Bandung, diskusi fotografi dan workshop. Hasil foto kemudian dilombakan dan dipamerkan. Kalau kamu tertarik untuk bergabung, kamu bisa mampir ke Instagram-nya di @komunitassemutfoto

Komunitas Fotografer Amatir Bandung

Seperti yang lainnya, komunitas yang biasa disingkat Kofaba ini juga menghimpun warga Bandung yang memiliki ketertarikan di dunia fotografi untuk mengembangkan kemampuan fotografinya lewat diskusi dan hunting bersama. Kamu bisa cek Instagramnya di @kofaba.

Perhimpunan amatir foto

Komunitas ini adalah salah satu komunitas foto tertua di Bandung. Perhimpunan Amatir Foto sudah berdiri sejak tanggal 15 Ferbruari 1924 di Hotel Grand Preanger. Mereka biasa berhimpun di Kompleks Banceuy Permai A-17 untuk berdiskusi tentang fotografi. Mereka biasa diminta untuk menjadi juri dalam lomba fotografi di Kota Bandung dan sekitarnya. Anda yang ingin bergabung bisa dilihat Instagramnya di @pafbdg.

Komunitas Bulb Bandung

Komunitas ini menarik. Sebab mereka menggunakan medium cahaya dan perlengkapan fotografi saja. Mereka berkumpul di malam hari untuk menghasilkan karya dari cahaya yang indah. Buld sendiri merupakan singkatan dari Barudak Urban Lights Bandung, sebuah komunitas yang cukup eksis di Kota Bandung. Salah satu hasil karyanya adalah dipilihnya Buld untuk menjadi video pembuka pada Wayang Summit 2012 lalu. Sila, dicek Instagramnya di @bulb_bandung.

Levitasi Hore Bandung

Seperti slogan mereka, Levitasi Hore ingin menunjukkan foto levitasi, bukan foto melompat. Foto levitasi adalah foto yang objeknya seolah melayang tanpa menginjak tanah. Komunitas ini terinspirasi dari fotografer asal Jepang, Natsumi Hayashi, yang mempopulerkan foto levitasi. Dibutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk menghasilkan foto dengan model melayang juga freeze moment yang tepat. Bagi kamu yang tertarik bergabung dengan komunitas ini, silakan kunjungi Instagramnya di @LevitasiHoreBDG

Komunitas Pinhole Bandung

Barangkali kamu pernah mendengar kamera lubang jarum? Ya! Komunitas ini menggunakan kamera lubang jarum sebagai medium fotografinya. Menarik, karena mereka bisa menangkap objek atau peristiwa hanya melalui lubang seukuran jarum pentul. Kamera lubang jarum bisa menjadi salah satu pilihanmu untuk berkarya, karena hasilnya yang selalu memberi kejutan. Kamu bisa cek di Instagram @pinholebdg jika ingin bergabung.

Nah, itulah beberapa komunitas fotografi yang ada di Kota Bandung. Untuk kamu yang ingin mengisi waktu luang dan menemukan suasana baru dalam dunia fotografi, kamu bisa coba untuk bergabung bersama komunitas-komunitas tersebut. Manfaatkan waktu luang dan kameramu sekarang!

(JOB/Nisrina Ninis)

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600