web analytics
Rusia Bantu Perkuat Kemampuan Internet Korea Utara
pada Oct 03, 2017 | 11:40 WIB
Rusia Bantu Perkuat Kemampuan Internet Korea Utara
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un (REUTERS/KCNA)

WASHINGTON, AYOBANDUNG.COM—Korea Utara diduga membuka koneksi internet baru dengan dunia luar, melalui Rusia dan diduga akan memperkuat interenet negara itu dan kemampuannya untuk melakukan serangan siber.

Perusahaan telekomunikasi Rusia yang diduga terlibat dalam membuka akses internet Korea Utara adalah TransTeleCom. Para , para pakar keamanan dunia maya mengatakan langkah ini akan meningkatkan kemampuan Korea Utara melakukan serangan siber.

Korea Utra telah dipersalahkan karena beberapa serangan dunia maya besar dalam beberapa tahun terakhir, termasuk terhadap bak-bak dan Sony Pictures. Terakhir duniamaya digemparkan dengan serangan WannaCry ransomware.

AYO BACA : Kehidupan Muslim di Korea Utara

Namun, seperti biasa pihak Pyongyang membantah keterlibatanya.

Perusahaan yang memantau konektivitas internet Dyn Search mengatakan pihaknya telah melihat perusahaan TransTeleCom melakukan konektivitas lalu lintas Korea Utara sejak sekitar pukul 0900 GMT (pukul 16.00 WIB) pada Ahad.

Lalu lintas koneksi internet sebelumnya ditangani melalui China Unicom.

AYO BACA : Korut Uji Rudal

TransTeleCom tidak bisa segera dihubungi untuk memberikan keterangannya atas laporan tersebut.

Menurut Kepala Kantor Teknologi FireEye untuk kawasan Asia Pasifik Bryce Boland, internet Korut terbatas pada beberapa ratus koneksi. Namun, koneksi tersebut sangat penting untuk mengkoordinasikan serangan siber di negara tersebut.

Boland juga memastikan koneksi baru tersebut, yang pertama kali dilaporkan oleh 38 North, sebuah proyek di Institut Korea Selatan-Amerika Srikat di Johns Hopkins School of Advanced International Studies (SAIS).

Boland mengatakan bahwa koneksi dari Rusia akan meningkatkan kemampuan Korut untuk memimpin serangan siber di masa depan.

AYO BACA : 9 Fakta Pembunuh Brutal di Las Vegas

Source: Antara

Editor : Administrator
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600