web analytics
Badai Irma Meluluhlantakkan 95% Kawasan Pulau St Martin
pada 07 Sep , 2017 | 13:54 WIB
Badai Irma Meluluhlantakkan 95% Kawasan Pulau St Martin
Badai Irma dalam citra satelit NOAA. (NOAA)

KARIBIA, AYOBANDUNG.COM -- Badai Irma akhirnya menerjang kawasan Karibia pada Rabu (36/9) malam dan meluluhlantakan Pulau St Martin. Pulau yang merupakan bagian dari Prancis tersebut diberitakan mengalami kerusakan sekitar 95 persen.

"Itu bencana yang sangat luar biasa, 95 persen wilayah pulau mengalami kerusakan. Kami semua ketakutan," jelas seorang pejabat pemerintahan setempat, Daniel Gibs, ketika diwawancari di Radio Internasional Karibia.  

Pulau St Martin kini dalam kondisi darurat dan membutuhkan pertolongan secepatnya. "Banyak warga yang harus dievakuasi keluar pulau karena saya tidak tahu kemana lagi mereka harus berlindung," tambah Gibs.

Hingga berita ini diturunkan, sedikitnya sudah enam orang yang menjadi korban tewas seperti yang disampaikan perfektur Guadeloupe, Eric Maire. 

Badai Irma yang merupakan badai terdahsyat di Lautan Atlantik menerjang kepuluan Karibia sejak Rabu.  Menlu Prancis, Annick Girardin, langsung terbang ke Guadeloupe pada Rabu malam dengan membawa regu penolong dan sejumlah obat-obatan.

Sementara itu Presiden Prancis Emmanuel Macron menyatakan terlalu dini untuk mencari dampak kerusakan dan kerugian, namun yang jelas kerusakan itu sangat dahsyat.

Pulau St Martin memiliki luas 87 km persegi dan terbagi menjadi dua kekuasaan, yaitu 60:40 antara Prancis dan Belanda.

Pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya yang tropis ini menjadi salah satu destinasi utama wisata dunia internasional. Jumlah kunjungan wisman-nya lebih dari 1 juta pertahun dan 85 persen penduduknya bermata pencaharian di sektor wisata. 

Source: Inquirer

Editor : Andres Fatubun
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox Socmed Ayo Bandung 160x600