web analytics
Domba Garut Ikut Andil dalam Karnaval Kemerdekaan
Oleh Ananda Muhammad Firdaus, pada Aug 26, 2017 | 21:05 WIB
Domba Garut Ikut Andil dalam Karnaval Kemerdekaan
Arak-arakan domba Garut dalam Karnaval Kemerdekaan "Pesona Parahyangan" di Bandung, Sabtu (26/8). (AyoBandung/Ananda Firdaus)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Sebanyak 20 ekor domba Garut sengaja dibawa ke gelaran Karnaval Kemerdekaan “Pesona Parahyangan” di Bandung pada Sabtu, 26 Agustus 2017.

"20 ekor domba Garut itu terdiri dari lima ekor domba catwalk dan 15 ekor domba pejaten unggul," kata Ketua Umum Ikatan Sarjana Peternak Indonesia, Yudi Guntara di Bandung, Sabtu (26/8).

Yudi mengaku, domba-domba yang dibawanya baru sekali ini mengikuti karnaval tanpa ada iring-iringan musik saat para domba beraksi. Biasanya, kata Yudi, di setiap pertunjukan para domba pasti diiringi kendang pencak dan nayaga. "Tapi kali ini domba hanya jalan saja," kata Yudi

Dalam arak-arakan karnaval, domba tersebut dipegang oleh dua orang yang merupakan pemilik atau peternakannya.  Peternak yang memegang domba akan mengenakan pakaian adat Sunda. 

"Hanya saja, domba Garut tidak terbiasa jalan terlalu jauh, sehingga domba ini start dari Balaikota Bandung, lalu jalan sekitar 400 meter menuju Taman Vanda, tempat Presiden Joko Widodo menyaksikan karnaval," terangnya.

Yudi melanjutkan, kehadiran domba Garut di karnaval dijadikannya sebagai bagian untuk memperkenalkan budaya masyarakat asli Jawa Barat dalam berternak domba Garut sebagai plasma nuftah asli  yang unggul dan hanya ada di daerah Garut. 

"Jadi ini momen yang bagus untuk lebih memperkenalkan domba Garut sebagai plasma nuftah asli Jawa Barat. Karena tidak ada di negara manapun, domba Garut yang memiliki banyak keunggulan," ujarnya. 

Editor : Asri Wuni Wulandari
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Socmed Ayo Bandung 160x600