Yamaha Mio S

Ayo Berkreasi di Bandung Creative Hub

  Kamis, 28 Desember 2017   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Peresmian Gedung Bandung Creative Hub pada Kamis (28/12/2017).(Eneng)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersama Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial akhirnya meresmikan Gedung Bandung Creative Hub pada Kamis (28/12/2017).

"Alhamdulillah, bangunan yang selama ini ditunggu-tunggu sudah mulai berfungsi. Nama Bangunannya Bandung Creative Hub," kata Ridwan usai acara persemian bangunan yang terletak di Jalan Laswi Kota Bandung itu.

Berawal dari visi dan misi awal kepemimpinan, ia bersama Oded ingin membawa Kota Bandung sebagai kota ekonomi kreatif dunia. Adapun slaah satu cara menuju cita-cita tersebut yakni dengan memfasilitasi ruang kreativitas melalui kemudahan teknologi, ruang, dan biaya yang harus digunakan.

Dengan peresmian ruang kreatif tersebut, warga Bandung tinggal membawa gagasan dan ide kreatif.

"Tinggal Corat-coret dan imajinasi bisa diwujudkan dengan prototipe atau contoh di sini. Bila berhasil karyanya bisa kami bantu urusan marketing-nya. Sehingga akhirnya bisa menghasilkan nilai ekonomi," papar Emil.

Kegiatan kreatif tersebut bisa membawa pertumbuhan ekonomi kreatif Kota Bandung.

"Jadi silakan dimanfaatkan, ruangannya banyak sekali. Sebanyak 10 jenis kreativitas yang ada di Kota Bandung. Bangunan ini pun jadi slaah satu yang paling canggih dan lengkap di Indonesia," ujar Emil.

Cara Warga Menggunakan Fasilitas

Untuk masyarkat yang ingin menggunakan gedung bisa melakukan komunikasi terlebih dulu dengan pengelola dan manajemen Bandung Creative Hub guna memdapatkan kemudahan akses dan fasilitas.

"Manajemen ini dikelola oleh Disbudpar Kota Bandung. Memang akan didulukan untuk warga yang memiliki KTP Bandung. Tapi tidak menutup akses, bila masih memungkinkan warga dari tempat lain silakan memanfaatkan fasilitas demi kebersamaan," ujar Emil.

Bangunan yang menghabiskan anggaran sekitar Rp40 miliar dan diproses selama hampir dua tahun tersebut, memiliki total enam lantai dan terdiri dari berbagai ruang kreatif terkini.

Naik satu lantai, tepatnya di lantai dasar terdapat kafe, design store, storage, dan musala. Lalu di lantai dua, lobby enterance, perpustakaan, coffee shop, dan co-working space.

Menariknya, di lantai tiga terdapat auditorium/bioskop, studio musik, ruang desain arsip, area pameran atau galeri, studio game, animasi, dan multimedia, yang tentunya memfasilitasi berbagai ide kreativitas muda-mudi Bandung zaman now.

Tak ketinggalandi lantai empat terdapat studio foto, kelas workshop kecil, dan ruang manajemen. Naik lagi, ke lantai lima terdapat ruang fashion gallery, ruang serbaguna, dan craft room. Serta di lantai enam terdapat rooftop grade.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar