Yamaha Mio S

Dinsosnangkis Bandung Imbau Warga Tak Beri Uang untuk Pengemis

  Selasa, 12 Desember 2017   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung mengimbau kepada masyarakat agar tidak memberi uang kepada pengemis yang kerap berkeliaran di sekitaran Kota Bandung. 

Dinsosnangkis Kota Bandung menyarankan, warga Bandung, maupun para wisatawan yang tengah berkunjung ke Kota Kembang jika ingin bersedekah atau memberikan sebagian hartanya bisa menyalurkan kepada lembaga resmi.

"Jadi saya mengimbau kepada warga Bandung dan warga luar Kota Bandung, termasuk wisatawan, berikan donasi sesuai peraturan perundang-undangan, sesuai izin yang diberikan," ungkap Kadinsosnangkis Kota Bandung, Tono Rusdiantono kepada awak media di Taman Sejarah, Bandung, Selasa (12/12/2017). 

Hal tersebut dilakukan untuk menekan angka pengemis di Kota Bandung. Karena selama ini, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) terutama pengemis yang berkeliaran mayoritas berasal dari luar kota dan melakukan modus penipuan agar dikasihani.

"Saya mengimbau kepada warga Kota Bandung termasuk wisatawan yang memberikan PMKS di jalanan itu melanggar. Jadi tidak diperbolehkan sama sekali," ujarnya. 

Dengan memberikan uang kepada para pengemis, Tono mengatakan, hal tersebut malah akan membuat para PMKS ini semakin marak. Secara kasat mata memang, siapapun kerap merasa iba saat melihat anak jalanan, pengemis cacat, maupun pengemis jompo. 

Namun sekali lagi, Tono mengimbau, agar masyarakat tidak memberikan uang kepada mereka karena upaya tersebut tidak memiliki landasan mendidik sama sekali. Bahkan menjerumuskan pihak lainnya untuk berperilaku serupa. 

"Itu bukan mendidik, bahkan itu mencelakakan. Jadi dengan dikasih mereka akan terus-terusan berlaku seperti itu dan malah akan menjerumuskan yang lain agar berlaku mencari penghasilan dengan cara yang sama," kata Tono. 

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar