Yamaha Aerox

Kang Danz, Antara Kupat Tahu dan Bobotoh Nge-hits

  Selasa, 12 Desember 2017   Anggun Nindita Kenanga Putri
Kang Danz dan gerobak kupat tahunya di Stadion Sidolig, Bandung. (AyoBandung/Anggun Nindita)

​​BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Kupat tahu itu enak. Potongan ketupat bersama irisan tahu yang digoreng panas, kemudian disiram bumbu kacang dan petis. Gurih, juga sedikit manis.

Makanan ini gampang ditemui di berbagai sudut Kota Bandung. Salah satu yang dikenal banyak orang adalah gerobak kupat tahu yang bisa kau temui di Stadion Sidolig, Bandung.

Adalah Dadan Mahwan Supriatna, atau yang kemudian kita akan menyebutkan Kang Danz. Ia adalah si empunya gerobak kupat tahu yang tak kalah tersohor dengan dagangannya.

Empat tahun sudah Kang Danz habiskan untuk menjajakan kupat tahu bikinannya di Stadion Sidolig. Awalnya adalah sang kakak yang lebih dulu berjualan di sana. Lalu, sang kakak menawari Kang Danz untuk menggantikannya berjualan di Sidolig.

Sebelum menetap berjualan di Sidolig, pria asal Limbangan ini pernah menjajakan kupat tahunya di Pasar Warta, Gatot Subroto dan di depan Kantor DPD Partai Golkar di Jalan Maskumambang. Tapi menurutnya, di Sidolig lah ia merasa paling nyaman saat berjualan.

Awal Mula Jadi Bobotoh

Jangan salah, selain sebagai penjual kupat tahu, Kang Danz juga seorang bobotoh. Rasa cintanya pada Persib sudah ada bahkan sejak ia masih jadi bocah ingusan.

Ia mengenang masa kecilnya saat Persib bermain di Piala Perserikatan. Saat itu juga kali pertamanya ia menonton langsung tim kesayangannya beraksi di Stadion Siliwangi, Bandung. "Saya ingat pertama kali nonton Persib langsung di lapangan karena diajak oleh paman saya," ujarnya.

Bagi Kang Danz, ada kebahagiaan yang muncul dengan menyaksikan langsung tim kesayangannya berlaga. Rasa cintanya pada si Maung Bandung kian tumbuh seiring berjalannya waktu.

Dan sekarang, dengan berjualan di Sidolig, ia merasa lebih dekat dengan lingkungan tim kesayangannya sejak kecil itu. Hal itu pula yang membikin Kang Danz sering berinteraksi dengan keluarga besar Maung Bandung.

Sudah banyak pemain Persib yang mencicipi kupat tahu bikinannya. Tak jarang pula artis-artis Persib itu berfoto bersamanya.

"Hampir semua pemain sudah pernah makan di sini. Kaya Atep, Hariono, Imam Darian, atau Dias Angga dulu juga suka makan di sini," ucapnya. Bahkan, pemain bule seperti Vlado ternyata juga suka mencicipi kupat tahu bikinannya.

"Kalau sama mereka saya suka ngobrol tentang bola. Mereka baik semua. Dan tidak ada perbedaan meski saya bobotoh dan mereka pemain. Semua nyatu aja kalau makan di sini," tuturnya.

Tak heran jika kini jongko milik Kang Danz jadi tempat kongko di Sidolig, mulai dari bobotoh hingga para pemain. Di sana, mereka bisa bebas berkumpul dan ngobrol apa pun soal Persib.

Persib bukan cuma sekadar tim favoritnya. Lebih dari itu, Kang Danz merasa Maung Bandung telah memberikan penghidupan kepadanya.

"Ungkapan 'Persib Jiwa Raga Kami' itu benar-benar terasa. Karena saya gantungkan hidup di sini. Misal kaya kemarin ada acara donor darah saja, dagangan saya jadi rame yang beli. Alhamdulillah," ucapnya sambil bersyukur.

Jadi Selebgram

Kang Danz bukan tukang kupat tahu sembarangan, ia juga sosok yang namanya dikenal di Instagram. Apalagi di kalangan bobotoh.

Baru dua tahun Kang Danz nyemplung di aplikasi ini, tapi kini telah 18.000 lebih pengikut ia miliki.

"Jadi dulu akun saya pernah di-promote oleh salah satu akun fanbase Persib. Sama mungkin karena saya juga suka foto dengan pemain-pemain. Dan para pemain juga suka ngetag saya di postingan-nya," tuturnya.

Meski sudah kesohor lantaran status selebgram, Kang Danz tak berlaku sombong. Ia sering membalas komentar-komentar bobotoh yang dialamatnya untuknya. "Kalau ada waktu senggang pasti saya juga suka bales-balesin komen mereka (bobotoh)," ungkapnya.

Bukan cuma sebagai tempat buat pamer foto semata, tapi akun Instagramnya juga seringkali membagikan info tentang tim Persib. Utamanya, tentang jadwal latihan Persib. Termasuk soal kedatangan pelatih anyar Persib, Mario Gomez.

Kang Danz berharap agar Mario Gomez bisa membawa tim kesayangannya lebih baik lagi. Sebagai bobotoh, ia juga rindu akan gelar juara Persib.

"Persib semoga bisa lebih baik dari yang sebelumnya dan bisa juara lagi di liga musim mendatang," tutupnya.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar