Yamaha Aerox

11 Desember Nanti Imunisasi Difteri Serempak di Jabar, DKI, dan Banten

  Rabu, 06 Desember 2017   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Pelaksanaan imunisasi tetanus difteri atawa TD secara serempak bakal dilaksanakan di Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten pada 11 Desember mendatang. Hal itu dilakukan guna mengatasi kejadian luar biasa difteri yang terjadi di 95 kabupaten/kota sepanjang tahun 2017.

“Kita akan lakukan dalam waktu dekat. Senin nanti serentak di 12 kabupaten/kota, cakupannya seluruh kabupaten kota dari tiga provinsi,” ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Muhammad Subuh di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Rabu (6/12/2017) sebagaimana dilansir dari ANTARA.

Imunisasi itu akan dilaksanakan di Jakarta Barat, Jakarta Utara, Purwakarta, Karawang, Bekasi, Depok, Tangerang, Serang, dan Tangerang Selatan.

Vaksin TD nantinya akan diberikan kepada anak-anak usia 1 – 18 tahun. “Artinya sampai usia SMA kita lakukan outbreak response immunization (ORI),” kata Subuh.

ORI akan dilaksanakan sebanyak tiga kali dengan skela 016, di mana imunisasi yang dilakukan pada 11 Desember akan disusul dengan vaksinasi satu bulan setelahnya, dan vaksinasi lagi yang dilakukan enam bulan setelahnya dalam waktu delapan bulan.

Subuh mengatakan jika ketiga provinsi tersebut merupakan wilayah dengan KBL difteri terberat setelah Jawa Timur.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar