Yamaha Lexi

Tahukah Kamu, Manusia akan Lebih Tinggi 1-2 Sentimeter di Pagi Hari?

  Kamis, 23 November 2017   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

AYOBANDUNG.COM – Ketika kau membuka matamu di pagi, coba ukur berapa tinggimu. Sebab konon, di pagi hari tubuhmu akan satu sentimeter lebih tinggi dibandingkan siang, sore, dan malam hari jelang tidur.

Meski yang terjadi cukup aneh, tapi penjelasannya sebenarnya sederhana. Dituliskan Knowledge Stew, alasannya terletak pada kolom vertebral alias tulang belakang. Bagian cakram di tulang belakang terdiri dari bahan seperti gelatin yang memberikan bantalan dan perlindungan pada tulang belakang.

Dengan menumbuk tulang belakang pada siang hari dengan berjalan, berlari, membungkuk, mengangkat, dan duduk, maka kau perlu waktu untuk beristirahat dan meremajakan tulang.

Nah, pada malam hari, saat tak ada beban yang ditempatkan di tulang belakang, maka cairan perlahan menyebar ke bagian cakram dalam sebuah proses pasif yang disebut imbibisi. Tanpa kekuatan yang menekan tulang belakang, yang mencakup gravitasi saat kau berdiri atau duduk, bagian cakram akan tubuh lantaran adanya tekanan.

Analogikan saja dengan balon yang memiliki lubang kecil di dalamnya. Balon itu dipenuhi gelatin dan air. Saat balon dikompres, air merembes keluar, membuat volume air dalam balon berkurang. Saat kompresi dilepaskan, maka yang terjadi adalah sebaliknya.

Kolom vertebral terdiri dari 24 tulang belakang. Tinggi tulang belakang akan meningkat ketika kau menambahkan jumlah cakram di malam hari. Hal ini membuatmu lebih tinggi sekitar satu hingga dua sentimeter di pagi hari.

Seiring berjalannya waktu, cakram perlahan kehilangan sebagian dari ketinggian lantaran adanya tekanan. Dan kemudian, kau akan menjadi lebih pendek di siang, sore, hingga malam hari. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar