web analytics
Nyamuk DBD Sudah Kebal Fogging
pada 05 Aug , 2016 | 10:09 WIB
Nyamuk DBD  Sudah Kebal Fogging
ilustrasi

BANDUNG,AYOBANDUNG.COM - Demam Berdarah Dengue (DBD) cukup banyak terjadi akhir-akhir ini. Di kabupaten bandung, penyakit yang disebarkan oleh nyamuk aedes aegypti tersebut sudah menjangkit 1.876 orang hanya dalam waktu enam bulan saja, atau dari Januari sampai Juni lalu.

Jumlah tersebut jauh melebihi dari tahun 2015 lalu, dimana dalam kurun waktu satu tahun hanya terjadi 958 orang saja yang terjangkit DBD.

Kepala bidang pengendalian penyakit dan Penyehatan Lingkungan pada Dinas Kesehatan Kabupaten bandung, Riantini mengatakan, kebanyakan masyarakat selalu menginginkan langkah instan dalam penanggulangan DBD dengan cara meminta pemerintah untuk melakukan foging.

"Padahal, fogging buka  solusi utama untuk membasmi DBD,"tutur Riantini, Rabu (3/8/2016).

Jika di suatu daerah terlalu sering dilakukan foging, nyamuk akan berevolusi dan mempunyai kekebalan terhadap obat.

"Sudah ada penelitian kalau nyamuk Aedes aegypti sudah resisten atau kebal terhadap obat fogging," ungkapnya.

Langkah paling efektif dalam mencagah terjadinya DBD adalah menjaga lingkungan berasih dan memberantas tempat-tempat yang bisa dijadikan sarang dan tempat berkembang biak nyamuk, seperti rutin membersihkan wadah berisi air.

Jika terjadi kasus DBD di suatu tempat, ucap Riantini, tim surveilans dari puskesmas setempat akan mendatangi lokasi untuk mencari, membawa, dan menganalisis jentik nyamuk yang ditemukan di lokasi. Jika terbukti, akan dilakukan penggunaan serbuk abate, penyuluhan, dan pembersihan lingkungan.

"Masyarakat harus mengerti, untuk mencegah penyebaran DBD adalah dengan melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, kemudian memberantas tempat perkembangbiakan jentik nyamuk, seperti barang-barang yang dapat menampung air dan tidak terpantau untuk dibersihkan," katanya. (Daneza)

Editor : Yatti Chahyati
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Aerox Socmed Ayo Bandung 160x600