Rumah Sakit Ini Hanya Kenakan Tarif Rp35 Ribu Semalam

- Selasa, 3 Mei 2016 | 15:19 WIB
Simulasi kebakaran di RSKIA (Danny/AyoBandung)
Simulasi kebakaran di RSKIA (Danny/AyoBandung)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM - Melayani pasien tidak mampu, RSKIA Kota Bandung memberikan layanan murah yakni hanya Rp 35.000 se-malam.

"Itu sudah termasuk kamar, makan dan snack," ujar Direktur Utama (Dirut) RSKIA Kota Bandung, Nina Manarosana, kepada warwatan, Selasa (3/5/2016).

Nina mengatakan, untuk obat, pihaknya menggunakan obat generik. Namun, Nina menegaskan, meski generik tidak berarti obatnya jelek. "Walaupun murah, tapi kualitasnya memadai kok," tambahnya.

Nina mengakui untuk tarif ini, memang masih jauh dari memadai. Mengingat harga-harga bahan makanan yang kini melambung tinggi.

"Namun, kitakan terikat peraturan, yang menentukan tarif sebesar Rp35.000 dan kita belum bisa menaikan tarif," kata Nina.

Kalau dihitung-hitung lanjut Nina, kebutuhan pasti besar. Namun, rumah sakit tetap memberikan pelayanan semaksimal mungkin sesuai dengan peraturan.

Untuk pasien yang dilayani, tambah Nina, tidak hanya warga Kota Bandung. "Kita kan tidak bisa memilah-milah. Dari manapun asal pasien, pasti akan dilayani," tegasnya.

Terlebih, RSKIA, kini menjadi rujukan RS ibu dan anak se Bandung Raya. Sehingga, harus mampu melayani walau dari pasien luar kota.‎

Sedangkan untuk subsidi dari ABPD, lanjut Nina, pada 2016 ini di atas Rp29 milyar, angka ini naik dibanding 2015 yang hanya Rp26 milyar.

"Sementara untuk oprasional rumah sakit sebesar Rp63 milyar pada 2015. Tahun ini diperkirakan naik, karena ada renovasi beberapa ruangan untuk menambah box bayi," terangnya.(anjani)

Editor: Yatti Chahyati

Tags

Rekomendasi

Terkini

[FOTO] Friday Car Free Di Balai Kota Bandung

Jumat, 17 Mei 2024 | 19:05 WIB

Pemkot Bandung Gelar PPDB 2024 Secara Online

Jumat, 17 Mei 2024 | 16:14 WIB
X