web analytics
Jadi Daerah Endimis DBD, Kab Bandung Harus Siaga
pada Feb 09, 2016 | 21:40 WIB
Jadi Daerah Endimis DBD, Kab Bandung Harus Siaga
ilustrasi (http://sp.beritasatu.com)

BANDUNG,AYOBANDUNG.com - Kabupaten Bandung merupakan daerah endemis terhadap penyakit Demam Berdarah (DB).

Salah satunya di 31 Kecamatan hanya Rancabali saja yang terbebas DB, 23 Kecamatan merupakan daerah endemis dan 7 Kecamatan ditemukan ada kasus walaupun sporadis.

Oleh karenanya, Sekretaris Daerah Pemkab Bandung, Sofian Nataprawira mengingatkan supaya seluruh petugas kesehatan di lapangan mewaspadai penyakit yang disebarkan melalui nyamuk Aedes aegypti itu.

"Sudah kami perintahkan, petugas kesehatan di lapangan untuk mengantisipasi lokasi endemis DB," tutur Sofian, Selasa (9/2/2016).

Langkah antisipasi yang dilakukan, kata Sofian dengan cara memberantas sarang jentik nyamuk Aedes aegypti. Jika diperlukan, maka melakukan fogging bisa dilakukan.

"Beberapa waktu lalu, fogging pernah dilakukan. Kalau diperlukan, mungkin bisa diperluas ke daerah endemis lainnya," ujarnya.

Oleh sebab itu, aparat kewilayahan seperti Kecamatan, Desa dan Kelurahan harus turut mewaspadai adanya nyamuk Aedes aegypti dengan cara menampung informasi sebanyak mungkin.

Jika mengetahui ada warganya terjangkit DB, maka harus segera melapor kepada petugas medis setempat untuk dilakukan tindakan. Pasalnya, selain menyebabkan DB, aedes aegypti juga menyebarkan penyakit lain seperti Chikungnya dan Zika yang akhir-akhir ini menghangat.

"Masyarakat juga harus menerapkan hidup sehat dan mencegah adanya habitat nyamuk aedes aegypti," katanya.

Aedes Aegypti, merupakan nyamuk rumahan dan biasa bertelur di air bersih yang tidak langsung mengenai tanah, sehingga wadah wadah yang tergenang air, seperti penampungan dispenser, bak air mandi,  penapungan kulkas dan wadah yang bisa menampung air lainnya.  Sehingga, menerapakan pola 5 M sangat efektif mencegah adanya nyamuk aedes Aegypti. (Daneza)

Editor : Yatti Chahyati
element line orangeARTIKEL TERKAITelement line orange

Komentar

Populer
Social Media
Yamaha Mio S Socmed Ayo Bandung 160x600